Menjadi Faktor Pertumbuhan Dalam Menanam Mangga, Terdapat 3 Cara Penanaman Di Pot Agar Cepat Berbuah!

Senin 11-12-2023,20:00 WIB
Reporter : Istiqomah
Editor : Istiqomah

RADARKUNINGAN.COM- Banyak yang bertanya tentang bagaimana caranya menanam mangga di pot agar cepat berubah? Mungkin ini adalah hal yang tidak biasa karena cara penanamannya menggunakan media pot.

Mangga terkenal dengan buahnya yang memiliki aroma harum dan rasa yang manis sehingga membuat orang ingin memakannya terus-terusan. Hal tersebut menjadi alasan menjadikan mangga sebagai tanaman di rumah.

Namun, jika anda tidak memiliki lahan yang luas tentu ada cara lain yaitu dengan penggunaan pot. Lalu bagaimana jika sudah tumbuh besar? Nah jika pohon sudah tumbuh, anda dapat menanam mangga di pot dengan cara cangkok.

Berikut ini cara penanaman mangga dengan cara cengkok yang menghasilkan buah banyak dan tumbuh dengan lebat, diantaranya:

BACA JUGA:Harga Motor Listrik Di Bawah 10 Juta Menjadi Pusat Perhatian Pecinta Otomotif, Anda Harus Tahu!

1. Memilih Bibit Berkualitas

Anda dapat memilih bibit dengan kualitas yang baik dengan mudah berbuah seperti mangga manalagi, arum manis, gedong, dan mangga lainnya.

Jika anda ingin menghasilkan tanaman yang cepat tumbuh maka gunakanlah bibit cangkok dengan biji, karena jika dengan biji buah akan sulit dan lama untuk tumbuh yang disebabkan berbagai hal.

2. Media Tanah

Media tanah menjadi salah satu faktor tumbuh suburnya tanaman, oleh karenanya anda dapat gunakan jenis tanah, seperti: berbutir-butir, remah, gembur, dan kaya akan unsur hara. 

Atau anda dapat menggunakan campuran antara tanah, arang sekam dan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Hal ini akan membuat tanah menjadi sehat dan mudah untuk menyuburkan tanaman.

BACA JUGA:Pemilik Anabul Harus Tahu! Jangan Berikan 4 Macam Buah Ini Pada Kucing, Berbahaya!

3. Penggunaan Pot

Anda dapat menggunakan pot dengan tekstur yang kuat, karena tanaman mangga ini akan menjadi pohon yang memiliki akar yang besar. Oleh karenanya, pilihlah pot yang kuat supaya tidak mudah pecah.

Disarankan untuk menggunakan diameter pot drum bekas dengan ukuran besar, jangan sampai gunakan pot kecil karena akan menyebabkan pertumbuhan pot menjadi kurang maksimal. 

Kategori :