Ini Dia Cara Merawat dan Menghindari Tanaman Sirih Gading Merusak Tembok dan Rumah, Yuk Ikuti Caranya Disini

Jumat 15-12-2023,13:06 WIB
Reporter : Farhan Prima
Editor : Farhan Prima

RADARKUNINGAN.COM- Sirih gading adalah salah satu tanaman hias yang cukup di gemari oleh beberapa orang untuk di budidayakan.

Selain mudah di rawat tanaman ini juga memiliki banyak manfaat bagi pemiliknya lho.

Namun kerap kali para pemilik sirih gading kewalahan dalam menghadapi pertumbuhan sirih gading yang terlalu cepat sehingga tanaman tersebut dapat merambat kemana-kemana termasuk tembok rumah.

Oleh karena itu dalam artikel ini akan di bahas mengenai cara merawat dan menghindari tanaman sirih gading  merusak tembok dan juga rumah.

BACA JUGA:Yuk Simak Cara Menanam Sirih Gading di Pot, Agar Tanaman Sirih Gading Tidak Merusak Tembok

Bagaimana caranya? simak sampai habis di bawah ini ya.

Sirih gading adalah salah satu jenis tanaman merambat atau semi epifit sehingga kita perlu merawat tanaman ini agar tidak merusak tembok rumah.

Berikut Cara Merawat Sirih Gading Agar Tidak Merusak Tembok

1.Pastikan tanaman merambat tidak menjalar ke bagian rumah seperti jendela, talang air, atap, dll. Lakukan pemeriksaan secara berkala. Segera potong tanaman jika sudah mulai merambat ke tempat yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Menanam Tanaman Sirih Gading Emas di Depan Halaman Rumah Sebagai Tanaman Hias

2.Sebelum menanam tanaman rambat terutama yang memiliki akar tempel, lakukan pengecekan tembok. Jika ada keretakan, sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu karena jika tidak maka kerusakan akan menjadi lebih parah.

3.Tanaman sirih gading dapat merusak tembok jika akarnya menempel pada tembok. Sebagai solusi dolar rambat merusak tembok, pasang teralis dari kayu, bambu, atau kawat pada tembok untuk berfungsi sebagai media rambat bagi daun sirih gading.

4.Pangkas dan siangi tanaman secara teratur untuk mencegah tanaman menjadi terlalu berat dan rimbun. Beberapa jenis tanaman rambat seperti sirih gading dapat berkembang sangat cepat. Praktik pemangkasan juga sangat penting dilakukan sebagai cara merawat mawar rambat agar mawar lebih cepat berbunga.

BACA JUGA:Tips Merawat Tanaman Sirih Gading Agar Tidak Merusak Tembok, Tak Perlu Khawatir Lagi Dinding Rusak dan Kotor

5.Observasi secara teratur adalah bagian dari cara merawat mawar rambat yang baik karena mawar memiliki batang yang berduri dan dapat tumbuh sangat tinggi. Anda dapat mengikat batang dengan tali untuk mengatur bentuk tanaman.

Kategori :