Kenapa Mata Kucing Beda Warna? Inilah Penyebab dan Fakta Unik Kucing Odd Eye yang Memiliki Warna Mata Berbeda

Rabu 20-12-2023,05:00 WIB
Reporter : Dewi Nur
Editor : Dewi Nur

RADARKUNINGAN.COM- Kucing memiliki warna mata yang berbeda-beda, mulai dari biru, hijau, kuning, hingga oranye.

Biasanya, kucing memiliki warna yang sama pada kedua sisi matanya. Namun, ada juga kucing yang memiliki warna berbeda antara mata kanan dan mata kirinya. 

Kucing yang memiliki dua warna mata disebut dengan kucing odd eye. Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa ada kucing yang memiliki warna mata berbeda? Apakah warna mata berbeda tersebut menandakan penyakit? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Kucing dengan warna mata yang berbeda disebut juga dengan heterochromia, yang biasanya memiliki bagian mata berwarna biru sedangkan bagian mata satunya berwarna hijau, kuning, atau coklat.

BACA JUGA:Unik! 5 Alasan Kenapa Kucing Suka Menggigit Pemiliknya, Ternyata Menunjukan Kasih Sayang

Anak kucing yang baru lahir akan memiliki mata berwarna biru karena bagian matanya belum bisa memproduksi melanin. Seiring berjalannya waktu, melanin tersebut akan muncul pelan-pelan sehingga terjadi perubahan warna mata kucing.

Apabila kucing mengalami kekurangan melanin, mata kucing akan tetap berwarna biru dan tidak mengalami perubahan warna.

Hingga saat ini belum ada alasan pasti kenapa kucing bisa mengalami heterochromia. Meski begitu, penyebab ini ada kaitannya dengan genetik. Kondisi ini bisa terjadi pada kucing jenis apapun.

Namun, kucing dengan kondisi heterochromia ini sering kali ditemukan pada kucing putih. Beruntungnya, kucing heterochromia ini tidak mempengaruhi kemampuan melihat maupun mendengar.

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami dan Mudah

Kucing odd eye bukan merupakan sebuah ras ataupun jenis kucing, namun istilah yang digunakan untuk menyebut kucing yang memiliki warna mata berbeda. Ada beberapa fakta unik mengenai kucing odd eye, diantaranya berikut ini:

1. Termasuk Kucing Langka

Kucing odd eye termasuk kucing yang langka karena jarang ditemukan. Hal ini membuat kucing odd eye spesial daripada kucing lainnya.

Warna mata nya yang berbeda menjadikannya terlihat lebih misterius, ditambah lagi dengan hewan yang langka menjadi daya tarik tersendiri.

2. Sering Dianggap Keturunan Setan

Kategori :