Kucing Bisa Depresi? Ayo Ketahui Tingkah Laku Kucing yang Mengalami Kecemasan Emosional, Terdapat 3 Cirinya!

Sabtu 13-01-2024,21:00 WIB
Reporter : Istiqomah
Editor : Istiqomah

RADARKUNINGAN.COM- Rasa cemas menjadi salah satu faktor depresi, namun ternyata bukan hanya saja manusia yang memiliki rasa depresi. Melainkan kucing juga dapat mengalaminya.

Nah, anda dapat mengidentifikasi kucing yang sedang mengalami depresi ini dengan membaca artikel ini, karena disini akan membahas tentang tanda kucing mengalami depresi.

faktor yang menyebabkan kucing depresi ini diantaranya: kucing tidak menyukai situasi yang baru dan mengejutkan, sehingga membuat kucing merasakan ketakutan. Seperti halnya  ketika ada anggota keluarga baru yang datang ke rumah, perubahan gaya hidup, pindah rumah baru, dan pindah pemilik.

Hal ini tentu jangan sampai dibiarkan, karena dapat menyebabkan kucing menjadi agresif yang berdampak pada fisik, mental, hubungan dengan hewan lain dan juga hubungannya terhadap manusia alias majikannya.

BACA JUGA:Hidup di Jalanan Membuat Kucing Kampung Rentan Terkena Penyakit, Kenali 5 Penyakit Kucing Kampung

Kucing yang terkena depresi ini biasanya akan sulit untuk makan, sehingga menyebabkan berat badan kucing menurun secara drastis. Oleh karenanya, sebagai pemilik kucing anda harus mengetahui ciri kucing yang sedang mengalami depresi.

3 Tanda Kucing Depresi

1. Mengeong di Waktu Malam

Kucing yang mengeong di waktu malam saat orang lain sedang tidur ini, biasanya mereka merasakan kesepian dan depresi akibat tidak ada yang menemani. Sehingga mereka mencari perhatian dengan cara mengeong.

Nah, jika kucing selalu mengeong secara berlebihan maka ini menjadi tanda kucing sedang merasakan stres alias depresi, penyebabnya ini biasanya berasal dari ketakutan, perubahan gaya hidup, tidak enak badan dan ketidaknyamanan.

Oleh karenanya, jika sudah mengetahui sebabnya, maka dapat dipastikan solusinya, ketika disebabkan akibat kesepian maka solusinya dengan memberikan mainan kepada kucing.

BACA JUGA:5 Cara Agar Kucing Tidak Bosan dan Stres, Bisa dengan Melakukan Aktivitas yang Disukai Kucing Lho!

2. Tidur yang Terganggu

Kucing yang mengalami tidur yang terganggu sehingga tidak teraturnya jadwal kucing, menjadi salah satu faktor kucing terkena depresi. Sehingga pastika kucing peliharaan selalu cukup dan berkualitas tidurnya.

Apalagi, jika kucing ini terkenal dengan hewan yang suka dengan tidur, sehingga tidak kekurangan tidur akan membuat kucing menjadi lemas dan yang lebih fatalnya adalah kucing menjadi depresi.

Kategori :