Bingung Mengatasi Kucing Suka Kabur Dari Rumah, Bagaimana Solusinya? 3 Tips Agar Kucing Nyaman

Rabu 17-01-2024,14:18 WIB
Reporter : Istiqomah
Editor : Istiqomah

RADARKUNINGAN.COM- Kucing liar memiliki karakter suka menjelajahi wilayah untuk mengetahui berbagai hal, sehingga mereka senang beraktivitas diluar dan menghabiskan waktunya.

Namun, berbeda dengan kucing peliharaan yang sering dikurung pada area rumah, hal ini karena kucing peliharaan sudah tercukupi kebutuhan nutrisi, keamanan dan kenyamanannya.

Sehingga kucing peliharaan lebih menyukai tidur dan bermalas-malasan di dalam rumah, nah hal ini juga terdapat kekurangan yang membuat kucing merasakan jenuh sehingga memutuskan untuk kabur dari rumah.

Lalu bagaimana cara mengatasi jika kucing peliharaan suka kabur-kaburan? Nah, artikel ini membahas tentang solusi mengatasi kucing yang suka kabur-kaburan dari rumah.

BACA JUGA:Berikut adalah 4 Cara Mengenali Kucing Sedang Lapar, yang Masih Sering Diabaikan Pemilik Kucing

Biasanya kucing akan kabur karena sedang masa birahi alias ingin kawin, sehingga mereka akan mencari pasangannya untuk berkembang biak. Namun, hal itu menjadi salah satu indikator kucing kabur.

Sehingga terdapat faktor lain yang menyebabkan kucing kabur, bisa jadi kucing merasa bosan, merasa tidak nyaman, dan masih banyak lagi. Sehingga terdapat solusi yang dapat anda lakukan.

3 Solusi Mengatasi Kucing Kabur

1. Bertengger

Memiliki sifat alami berburu, bertengger ini menjadi suatu kebiasaan kucing yang disukai. Kucing menyukai tempat tinggi untuk melihat mangsa ataupun mengamati situasi lingkungannya lebih mudah.

Sehingga, ini menjadi alasan kucing sering kabur-kaburan, karena mereka tidak punya tempat untuk aktivitas yang disukai kucing yaitu bertengger di area tinggi. Oleh karenanya, pastikan anda memberikan tempat khusus untuk kucing bertengger di rumah.

BACA JUGA:Ada Rahasia Apa di Desa Wilanagara? Tempat Ini Penting Bagi Belanda, Dicurigai Miliki Sesuatu Tersembunyi

2. Sediakan Tempat Cakaran

Mencakar-cakar sofa menjadi rutinitas yang dilakukan kucing peliharaan, sehingga majikan akan menjauhkan sofa dari jangkauan kucing dan kucing tidak memiliki media untuk menajamkan kukunya.

Ini merupakan kebutuhan alamiah kucing untuk mencakar agar dapat mengasah kuku kucing dengan tajam dan juga dapat menghilangkan stres kucing. Sehingga jika mereka sering kabur-kaburan pastikan tempat cakaran kucing ini ada di rumah.

Kategori :