Bukan Tanaman Liar Biasa, 5 Manfaat Konsumsi Daun Sirih Cina, Baik untuk Depresi hingga Asam Urat

Selasa 23-01-2024,10:29 WIB
Reporter : Herdi Dwitama
Editor : Herdi Dwitama

RADARKUNINGAN.COM – Mungkin kalian sering melihat ada rumput liar yang tumbuh di sekitar rumah kalian, dan jika kalian perhatikan lagi ada daun hijau yang berbentuk seperti daun sirih dengan ditutupi rambut halus.

Tahukah kalian bahwa tanaman liar yang sering tumbuh seperti rumput tersebut atau dinamakan sirih Cina atau tumpang air (Pipersarmentosum) ternyata memilik beragam manfaat, lho. Kalian bahkan bisa mengonsumsinya.

Manfaat konsumsi daun sirih cina ini terbukti ampuh dan bahkan tanaman ini sering dijadikan tanaman herbal dan obat tradisional.

Ini adalah salah satu jenis rumput liar yang sering tumbuh di tanah, celah batu, dan tanah yang tidak terurus, bahkan di hutan.

BACA JUGA:7 Manfaat Tanaman Sirih Cina untuk Kesehatan, Tanaman Herbal Serbaguna

Rumput daun sirih cina sering menumbuhkan buah berbentuk kepala jarum lonjong dengan diameter sekitar 0,5 hingga 1 mm, yang disertai dengan biji kecil. 

Setelah matang, biji buah biasanya jatuh ke tanah dan siap untuk berkecambah jika tanah lembap.

Tapi seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tanaman liar satu ini terkenal sebagai tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat saat dikonsumsi.

5 Manfaat Konsumsi Daun Sirih Cina

Seperti yang dilansir dari laman Health Benefits Times, berikut ini adalah beberapa manfaat konsumsi daun sirih cina untuk kesehatan.

BACA JUGA:5 Daya Tarik Sirih Gading Jadi Tanaman Murah yang Berkelas Ini Sering diletakkan di Meja Hotel!

1. Mengatasi depresi

Manfaat konsumsi daun sirih cina yang pertama ini bisa kalian gunakan sebagai tanaman herbal untuk meringankan gejala depresi.

Daun sirih cina juga ternyata dapat membantu pengobatan depresi; sebuah studi menemukan bahwa jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat.

Ekstraknya dapat membantu mengobati gangguan rangsangan mental yang berlebihan, termasuk depresi.

2. Meredakan kadar asam urat

Manfaat konsumsi daun tumpang air yang berikutnya adalah baik untuk penderita asam urat. Salah satu manfaat lain dari daun sirih cina adalah dapat mengurangi gejala asam urat. 

BACA JUGA:3 Jenis Tanaman Hias Sirih Gading Menjadi Pusat Perhatian Akibat Keindahanya Sebagai Dekorasi, Oh Ternyata Ini

Kategori :