Inilah 5 Bau Tanaman Yang Dibenci Oleh Kucing! Cocok Untuk Mengusir Kucing Liar Agar Tidak Berak Sembarangan

Jumat 26-01-2024,18:30 WIB
Reporter : Farhan Prima
Editor : Farhan Prima

RADARKUNINGAN.COM- Memiliki tanaman hias ternyata bukan hanya sekedar pajangan untuk memperindah dan mempercantik halaman rumah saja.

Memiliki tanaman hias ternyata bisa mengusir beberapa hama sepreti serangga bahkan kucing liar lho.

Kucing memiliki indra penciuman yang tajam, bahkan ia dapat mengendus makanan di balik bak atau tempat sampah.

Bau tanaman yang dibenci oleh kucing ternyata memiliki bau yang wangi dan juga harum bagi kita sebagai manusia.

BACA JUGA:Langsung Kabur! Ini Dia 5 Bau Yang Tidak Disukai Kucing Yang Berasal Dari Tanaman

Berikut 5 Tanaman Yang Di Benci Oleh Kucing

1.Lavender

Meskipun bunga lavender dan aromanya menarik bagi kita manusia, mereka dibenci oleh teman kucing kita. Minyak atsiri yang kaya fitokimia , yang mencakup beragam kadar kapur barus, linalool, dan senyawa yang beraroma lebih kuat, sebaiknya dijauhkan dari kebun.

Inilah sebabnya mengapa pemilik kucing juga tidak disarankan menggunakan produk beraroma lavender di dalam rumah.

2.Pennyroyal

Pennyroyal telah lama digunakan sebagai ramuan memasak di seluruh daerah asalnya. Daunnya yang lonjong dan bergigi mengeluarkan aroma mint yang kuat dan khas, terutama jika digosok atau dihancurkan.

Ini terjadi berpasangan berlawanan sepanjang batang bercabang. Tergantung pada kondisi lingkungan, batangnya dapat tumbuh subur sepanjang tahun atau mati pada musim panas atau musim dingin.

Karena komposisi minyak atsirinya, pennyroyal dapat berfungsi sebagai pengusir hama alami. Aromanya biasanya tidak disukai oleh kucing, kutu , agas , dan banyak serangga lainnya.

BACA JUGA:Yuk Simak 6 Tanaman Yang Dibenci Kucing, Bisa Untuk Mengusir Kucing Liar Nakal Yang Suka Buang Air Sembarangan

3.Oregano

Anggota lain dari keluarga mint ( Lamiaceae ), oregano adalah tambahan yang bagus untuk taman rumah. Tanaman tahunan cantik ini sering dibudidayakan sebagai tanaman hias karena perawatannya yang rendah dan kegunaannya yang banyak.

Daun oregano, yang biasanya berwarna hijau muda hingga hijau zaitun, mungkin memiliki profil rasa pahit atau pedas.

Meskipun rasanya (dalam dosis sedang) menarik bagi manusia, namun umumnya tidak disukai oleh hewan termasuk kucing

4.Geranium

Geranium dalam genus Pelargonium dikenal sebagai pengusir hama alami. Selain menjaga taman Anda bebas dari kutu dan serangga pengganggu lainnya, mereka juga memiliki kemampuan untuk mengusir kucing dan hewan pemakan rumput yang lebih besar.

Mekanismenya untuk mengusir calon predator dan hama terletak pada minyak atsirinya, yang terkonsentrasi pada daunnya yang menarik.

Meskipun aroma geranium populer menarik bagi kita, aroma tersebut menandakan adanya senyawa beracun pada kucing, anjing, dan bahkan kuda.

BACA JUGA:Mengenal Tanaman Yang Tidak Disukai Kucing, Ternyata Karena Baunya! Cocok Untuk Mengusir Kucing Liar Nakal

5.Tanaman Duri

Tanaman berduri sering kali digunakan sebagai pagar atau pembatas alami karena tanaman ini sangat ampuh dalam mengusir sebagian besar hewan liar  seperti kucing dari wilayah pribadi.

Tentu saja, kucing tidak akan menginjak atau merangkak di bawah tanaman yang dapat menusuk atau menggaruk kulitnya dengan tidak nyaman.

Pagar yang terbuat dari kaktus pir berduri, misalnya, dapat melukai hewan kecil dan besar dan akan membuat mereka enggan memasuki taman yang paling menggoda.

Kategori :