Jangan Diabaikan, Kenali 7 Penyebab Kucing Mogok Makan, Cat Lovers Harus Peka!

Rabu 31-01-2024,18:25 WIB
Reporter : Dewi Nur
Editor : Dewi Nur

RADARKUNINGAN.COM- Bagi anda pemilik kucing, jika melihat kondisi kucing yang tidak mau makan, maka perlu diwaspadai dan segera periksa untuk mencegah masalah yang lebih serius.

Kucing yang tidak mau makan, tentu akan membuat pemilik kucing bingung dan cemas. Kucing yang tidak mau makan lebih dari jangka waktu 24 jam - 36 jam, hal ini bisa jadi menandakan bahwa adanya gangguan kesehatan pada kucing.

Kucing yang tidak mau makan disebabkan oleh berbagai faktor. Kehilangan nafsu makan pada kucing disebut dengan anoreksia. Biasanya kucing akan tampak lemas, pasif, dan tidak bersemangat.

Penyebab kucing tidak mau makan diantaranya karena kucing mengalami gangguan kesehatan berupa fisik maupun mental. Contohnya seperti demam, masalah pencernaan, demam, atau gangguan mental seperti stres dan cemas.

BACA JUGA:Menarik! Inilah 5 Macam Warna Kucing Kampung yang Sering Ditemui, Cocok untuk Hewan Peliharaan yang Manis

Kucing tidak mau makan menandakan kondisinya sedang tidak baik-baik saja. Anda sebagai pemilik kucing harus peka terhadap kondisi kucing. Segeralah bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan.

Dilansir dari laman hellosehat.com, berikut ini beberapa penyebab kucing tidak mau makan diantaranya adalah:

1. Gangguan gigi atau gusi

Gangguan gigi atau gusi yang meradang juga bisa menyebabkan kucing tidak mau makan. Hal ini membuat kucing tidak mampu mengunyah makanan. Akibatnya kucing tidak mau makan, hanya minum saja.

2. Stres atau kecemasan

Kucing bisa mengalami gangguan kesehatan baik secara fisik maupun mental. Perubahan besar yang terjadinya dalam kehidupan kucing seperti pindah tempat tinggal atau berpisah dengan pemilik sebelumnya, dapat menyebabkan gangguan mental.

BACA JUGA:Wet Food Bisa Bikin Gemuk? Ini 3 Tips Agar Kucing Cepat Gemuk dan Gembul

Kondisi ini akan membuat kucing mengalami penurunan nafsu makan sehingga tidak mau makan.

3. Masalah kesehatan sistemik

Sejumlah kesehatan sistemik dapat menyebabkan kucing tidak mau makan. Masalah kesehatan sistemik ini diantaranya ketidakseimbangan hormon, masalah pankreas, penyakit hati, penyakit jantung, gagal ginjal, dan kanker.

Kategori :