Cat Lover Wajib Tahu! Ini Dia 10 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kucing, Bisa Mengancam Nyawa

Rabu 03-04-2024,04:40 WIB
Reporter : Sopa Sophia
Editor : Sopa Sophia

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh kucing selanjutnya adalah hewan liar seperti burung dan tikus liar, karena mereka berpotensi membahayakan kucing anda.

Burung liar mungkin hanya akan membuat kucing kita muntah atau diare. Namun, tikus membawa banyak parasit, dan beberapa tikus juga telah menelan racun tikus sebelum dimakan oleh kucing kita. Bisa bahaya, kan?

5. Bawang putih dan bawang bombay 

Kedua bahan ini menjadi deretan makanan yang tidak boleh dimakan kucing karena dapat menyebabkan hemolytic anemia, membuatnya menjadi makanan beracun yang wajib dihindari. 

Gejala keracunan bawang putih biasanya terlihat dalam waktu 24 jam setelah dikonsumsi, meski bisa tertunda hingga tujuh hari. Setelah kerusakan sel darah merah menjadi signifikan, kucing dapat menunjukkan kelesuan, enggan makan, peningkatan laju pernapasan, peningkatan denyut jantung, lemah, warna kuning pada gusi, mata, dan kulit, serta urin berwarna coklat atau merah.

BACA JUGA:Sama Sama Jenis Kucing Besar, Ternyata Ini 5 Perbedaan Harimau dan Macan Yang Perlu Kita Ketahui

6. Tuna kaleng 

Jika dimakan terlalu banyak, bisa membahayakan nyawa kucing. Pasalnya, tuna kaleng dapat menyebabkan kekurangan gizi, karena ikan tuna tidak memiliki vitamin dan mineral esensial, terutama kalsium. 

Lebih parahnya lagi, daging tuna, terutama tuna merah, dapat menyebabkan defisiensi tiamin, yang menyebabkan ketumpulan mental, inkoordinasi, kebutaan, kemiringan kepala, gerakan mata abnormal, dan kejang.

7. Kafein 

BACA JUGA:Praktis dan Terjangkau! Ini Dia 5 Rekomendasi Makanan Kucing di Supermarket

Perlu cat lover ketahui bahwa kafein dalam kopi yang diseduh, ampas kopi, atau minuman berenergi dapat menyebabkan muntah, diare, peningkatan suhu tubuh, tremor, aritmia jantung, dan kejang.

8. Susu dan turunanannya 

Meski kucing terlihat menikmati rasa produk susu, anak kucing kehilangan kemampuan untuk mencerna laktosa segera setelah disapih dari induknya. 

Karena itu, laktosa yang tidak tercerna bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus kucing, menyebabkan diare.

BACA JUGA:Usir Tikus Pengganggu dengan Bahan Alami! Berikut ini 8 Cara Mengusir Tikus dari Rumah dengan Bahan Alami

Kategori :