Pemilik Kucing Harus Peka! Ini 6 Ciri Kucing Sakit, Bisa Dilihat Dari Perubahan Perilaku dan Penampilan Anabul

Jumat 03-05-2024,18:25 WIB
Reporter : Dewi Nur
Editor : Dewi Nur

Kucing merupakan hewan yang suka kebersihan. Ia juga dapat grooming atau membersihkan tubuhnya sendiri. 

Kucing yang jarang melakukan grooming bisa menjadi tanda adanya gangguan pada tubuhnya. Sedangkan kucing yang grooming berlebihan menandakan bahwa mereka sedang cemas.

4. Lebih sering bersembunyi

Ciri kucing sakit juga bisa ditandai dengan perubahan perilaku nya yang lebih sering bersembunyi. Kucing bersembunyi bisa karena rasa takut, stres, atau kesakitan.

BACA JUGA:6 Tanaman yang Disukai Ular; Tetap Waspada Jika Anda Punya Tanaman ini di Halaman!

Biasanya kucing yang lebih suka bersembunyi ini juga dilakukan oleh kucing hamil, yang mana mereka akan mencari tempat pribadi atau persembunyian yang tenang untuk melahirkan.

5. Lemas

Ciri kucing sakit juga ditandai dengan fisiknya yang terlihat lemas. Kucing lemas bisa karena berbagai kondisi mulai dari abses gigitan hingga masalah serius seperti penyakit ginjal, diabetes, atau keracunan. Oleh karena itu, perhatikan pula gejala lain yang menyertainya.

6. Kesulitan bergerak

Tanda kucing sakit juga bisa dilihat dari pergerakannya. Kamu harus peka dengan memperhatikan pergerakan kucing.

Jika ia terlihat kesulitan bergerak, tidak bisa lagi melompat, bisa jadi kucing mengalami masalah persendian. Apalagi jika kucing tidak bisa menggunakan kaki belakang nya.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Ini 5 Cara Mengobati Kucing Flu, yang Bisa Dilakukan di Rumah

Itulah beberapa ciri kucing sakit, yang perlu kamu waspadai. Sebagai pemilik kamu perlu peka dan memperhatikan perubahan fisik maupun perilaku pada kucing.(*) 

Kategori :