Mengapa Kucing Suka Menjilati Kucing Lain? Ternyata ini 5 Alasannya, Nomor 3 Biar Akrab

Senin 03-06-2024,14:00 WIB
Reporter : Burhan
Editor : Burhan

4. Mengurangi Stres

Menjilati dapat memiliki efek menenangkan bagi kucing. Aktivitas ini melepaskan endorfin, hormon yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Kucing mungkin menjilati satu sama lain sebagai cara untuk menenangkan diri setelah situasi yang stres, seperti pindah rumah atau bertemu dengan hewan peliharaan baru.

5. Menunjukkan Dominasi

BACA JUGA:Baunya Bikin Tikus Trauma, Ini Dia 6 Bahan Dapur yang Efektif Usir Tikus di Rumah

Dalam beberapa kasus, menjilati dapat menjadi cara bagi kucing untuk menunjukkan dominasi atas kucing lain. Kucing yang lebih dominan mungkin menjilati kucing yang lebih rendah di hirarki sosial kelompok.

Perlukah Dikhawatirkan?

Menjilati antar kucing umumnya merupakan perilaku normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, jika Anda melihat salah satu kucing menjilati kucing lain secara berlebihan, atau jika perilaku tersebut disertai dengan tanda-tanda agresi.

BACA JUGA:Sebaiknya Hindari! Berikut 5 Pohon Yang Sering Menjadi Tempat Persembunyian Ular

Seperti mendesis atau menggeram, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan yang mendasarinya.

Menjilati adalah perilaku alami pada kucing yang memiliki berbagai makna, seperti menunjukkan kasih sayang, membantu perawatan diri, menandai wilayah, mengurangi stres, dan menunjukkan dominasi.

Jika Anda melihat dua kucing saling menjilati, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini  menunjukkan bahwa mereka merasa nyaman dan aman satu sama lain.

Sebagai pemilik hewan peliharaan tentu tanda dan perilaku dari kucing hewan lainnya perlu dikenali. Sehingga dapat mengetahui tanda tertentu.

BACA JUGA:Venezia Promosi ke Serie A Liga Italia, Jay Idzes: Full Senyum di Ulang Tahun Ke-24 nya!

Itulah beberapa alasan mengapa kucing suka menjilati kucing lain. Semoga bermanfaat.

Kategori :