Waspadai Makanan di Tempat Terbuka, Ini 3 Bahaya Makanan Dihinggapi Kecoak Jika Sampai Termakan

Minggu 09-06-2024,20:03 WIB
Reporter : Herdi Dwitama
Editor : Herdi Dwitama

Bakteri yang menyebabkan kecoak juga berperan dalam penyebaran penyakit infeksi seperti disentri, kolera, demam tifoid (tifus), lepra, dan polio. 

2. Air liurnya adalah sarang bakteri

Bakteri pseudomonas aeruginosa ada pada air liur kecoa dan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, sepsis, dan masalah pencernaan. Makanan yang terkontaminasi air liur serangga dapat menular kepada orang lain. 

BACA JUGA:Baunya Harum dan Ampuh Usir Kecoak, Ini 5 Jenis Tanaman Hias Wangi yang Tidak Disukai Kecoak

BACA JUGA:Jadi Tidak Berdaya, Ternyata Ini Loh Alasan Kenapa Kecoak Mati Kalau Tubuhnya Terbalik walau Tahan Banting

3. Alergi akibat telur kecoak 

Tidak jarang kecoa suka bertelur pada makanan mereka. Ini dapat menyebabkan alergi dan masalah pernapasan jika dikonsumsi oleh manusia. Pastikan makanan disimpan dalam wadah yang tertutup rapat untuk menghindari hal ini. 

Proses kontaminasi terjadi ketika kecoak bersentuhan langsung dengan makanan atau permukaan yang akan digunakan untuk menyiapkan makanan. 

Kecoak memiliki kebiasaan mengeluarkan air liur dan kotoran di mana pun mereka bergerak. Ini berarti bahwa hanya dengan berjalan di atas makanan atau alat makan, kecoak sudah bisa meninggalkan jejak patogen.

Selain itu, kecoak juga memiliki kebiasaan mengunyah bahan makanan dan meninggalkan bagian-bagian kecil dari makanan yang telah terkontaminasi. 

Bahkan serpihan kecil ini dapat mengandung cukup banyak bakteri untuk menyebabkan keracunan makanan.

BACA JUGA:Jadi Makin Betah Berada di Rumah, Berikut 6 Tanaman Hias Penyaring Udara Yang Cocok di Tanam di Rumah

BACA JUGA:Inilah 5 Tanaman Hias Pembersih Udara Alami di Dalam Rumah, Tertarik Untuk Menanamnya?

Jadi, tentu bahaya makanan yang dihinggapi kecoak ini sangat berbahaya jika termakan. Oleh karenanya penting untuk tidak meninggalkan makanan di tempat terbuka dan juga menjaga kebersihan agar rumah kita tidak disukai hama.

Kategori :