Sering Disepelekan, Ini 4 Hal yang Bikin Kucing Trauma Seumur Hidupnya!

Selasa 11-06-2024,18:52 WIB
Reporter : Andhika S
Editor : Andhika S

Kucing yang sangat terikat dengan lingkungannya, juga akan mengalami stres dan trauma yang cukup serius.

Karena perubahan mendadak dalam tempat tinggal dapat menjadi sumber stres yang besar untuk hewan peliharaan kucing.

Oleh karena itu, ketika kita hendak pindah rumah, merenovasi rumah secara besar-besaran, atau meninggalkan mereka di tempat yang asing akan menyebabkan kebingungan dan rasa tidak aman.

BACA JUGA:WASPADA! Inilah Deretan Penyakit Yang Dibawa Kucing Liar Dan Gejalanya, Wajib Tahu

BACA JUGA:Sangat Solutif! Berikut 6 Cara Mengusir Kucing Liar Depan Rumah Tanpa Menyakiti

Karena ketika lingkungan yang mereka kenal berubah drastis, kucing mungkin mengalami kecemasan yang berlebihan dan menunjukkan tanda-tanda trauma seperti penarikan diri, kurangnya nafsu makan, bahkan perilaku destruktif.

3. Pengabaian atau Penelantaran

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, hewan peliharaan kucing yang pernah ditelantarkan atau diabaikan dalam jangka waktu yang lama bisa mengalami rasa trauma yang sangat berat.

Dimana mereka akan kehilangan banyak hal, mulai dari perhatian, makanan, dan kebutuhan-kebutuhan yang sering mereka dapatkan sebelumnya.

Hal ini nantinya akan membuat kucing merasa tidak diinginkan dan tidak dicintai, sehingga bisa menyebabkan depresi, rasa cemas, dan rasa tidak percaya pada manusia.

BACA JUGA:Berikut 5 Makanan Kucing Murah dan Berkualitas, Cocok Untuk Anabul Agar Terpenuhi Nutrisinya! Ketahui Yu

BACA JUGA:Apakah Kucing Bisa Jadi Beruntung? Berikut 72 Nama Kucing Peliharaan Bermakna ‘Keberuntungan’ Ketahu Yu!

4. Serangan dari Hewan Lain

Terakhir, serangan atau konfrontasi dengan hewan lain, terutama jika kucing tersebut tidak memiliki kesempatan untuk melarikan diri atau membela diri juga bisa meninggalkan trauma yang mendalam.

Karena hewan peliharaan kucing yang pernah diserang oleh anjing atau kucing liar mungkin cenderung merasa sangat takut terhadap hewan liar ataupun hewan peliharaan lain di masa depan.

Dimana ini juga bisa membuat mereka lebih agresif sebagai bentuk perlindungan diri atau sebaliknya menjadi sangat penakut dan terus-menerus bersembunyi.

Kategori :