Ketahui, Manfaat Sepatu Barefoot dapat Memperkuat Kaki, Simak Penjelasannya

Selasa 09-07-2024,09:04 WIB
Reporter : Ditta Rosyalita
Editor : Ditta Rosyalita

RADARKUNINGAN.COM - Sepatu minimalis dan barefoot dapat memperkuat otot dan tulang di kaki dan pergelangan kaki, yang dapat membantu mencegah cedera, menstabilkan lengkungan, dan membantu mencegah beberapa cedera atletik.

Kekuatan otot kaki intrinsik berkorelasi positif dengan stabilitas dan keseimbangan yang lebih baik, terutama pada orang yang lebih tua.

Dan, pada atlet, kekuatan dan fleksibilitas di area jempol kaki yang diberikan oleh sepatu barefoot dapat membantu mendorong, memberi tenaga, dan menjadi lebih lincah.

Ketika kaki tertahan dalam sepatu konvensional dengan bantalan dan dukungan yang berlebihan dan bentuk yang tidak seperti kaki secara alami, kamu kehilangan banyak fungsi dan kekuatan alaminya.

BACA JUGA:Ada 15 Sidang CAS di Bulan Juli 2024, Update Maarten Paes, Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Dan, sains tampaknya menguatkan gagasan bahwa kaki dirancang dengan sempurna untuk melakukan fungsi seperti berjalan dan berlari dengan alas kaki minimalis, atau tidak sama sekali.

Manfaat sepatu barefoot akan dipaparkan lebih jauh di bawah ini.

Pertama, Kekuatan kaki, jari kaki, dan pergelangan kaki sangat penting.

Seiring dengan makin kuatnya bagian-bagian tubuh ini, kaki akan bergerak secara alami, yang dapat membantu meningkatkan pola gerakan dan efisiensi tubuh, serta membantu mengaktifkan dan memperkuat otot-otot yang lebih tinggi di kaki, pinggul, dan panggul.

BACA JUGA:Myung-Bo Hong Jadi Pelatih Korea Selatan Jelang Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ini Prestasinya

Dalam praktiknya, ini dapat meningkatkan bentuk tubuh saat berolahraga, yang dapat mengurangi risiko cedera, dan juga meningkatkan kecepatan kamu dalam peningkatan kebugaran.

Kedua, Karena kaki ada fondasi tubuh, jika kaki kuat dan bergerak secara optimal, kemungkinan sendi dan otot di bagian atas kaki juga akan ikut bergerak.

Namun, jika kaki dan otot tersebut tidak berfungsi secara optimal, itu dapat menyebabkan reaksi berantai yang menyebabkan masalah hingga ke lutut, pinggul, dan punggung bawah.

Cobalah lakukan lunge atau squat. Jika pergelangan kaki memiliki mobilitas yang baik, kamu akan dapat melakukan gerakan-gerakan tersebut tanpa masalah.

BACA JUGA:5 Tempat Glamping Viral di Kunigan, Ternyata Lokasinya Palutungan di Bawah Kaki Gunung Ciremai!

Kategori :