Terhalang Statuta FIFA, Bisakah Maarten Paes Bermain dalam Waktu Dekat?

Kamis 11-07-2024,09:54 WIB
Reporter : Farhan Prima
Editor : Farhan Prima

RADARKUNINGAN.COM- Terhalang Statuta FIFA, bisakah Maarten Paes Bermain dalam waktu dekat?

Salah satu kiper berbakat keturunan Indonesia dan Belanda Maarten Paes kini sedang menghadapi masalah serius yang melibatkan naturalisasinya.

Salah satu hambatan yang dihadapi Maarten Paes adalah aturan yang di buat oleh FIFA yaitu mengenai perpindahan Asosiasi.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya, ia belum menginjak usia 21 tahun," bunyi pasal dalam Statuta FIFA pasal 9 ayat 3 B itu.

BACA JUGA:Stefano Beltrame Haturnuhun, Terungkap Alasan Tak Perpanjang Kontrak di Persib Bandung

BACA JUGA:Maarten Paes Nyangkut di CAS dan Belum Jelas, Eh Kini Malah Laris Manis Jadi Incaran Klub Eropa

Pemain tidak dapat membela timnas negara baru jika pernah bermain untuk timnas negara lain di level senior (pasal 9 ayat 1).

Pengecualian: Jika pemain belum berusia 21 tahun saat bermain untuk timnas senior negara lama, dan telah memenuhi 5 tahun masa tinggal di negara baru (pasal 9 ayat 2).

Maarten Paes tercatat pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21. Penampilan terakhirnya berlangsung pada 15 November 2020 di babak Kualifikasi Euro U-21 2021 saat umurnya menginjak usia 22 tahun.

"Ini perlu saya sampaikan informasi terbaru mengenai Marteen Paes. Jadi begini, Marteen Paes ini ada pertandingan ketika dia sudah berusia 22 tahun," ujar Exco PSSI, Arya Sinulingga.

BACA JUGA:Terakhir Bela Timnas Pusat 3 Tahun Lalu. PSSI Harus Ajukan Ini, Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia

BACA JUGA:Gak Sampe 1 Musim Udah Keluiar? Ini Alasan Utama Stefano Beltrame Hengkang dari Persib Bandung

"Menurut Statuta FIFA itu tidak diperbolehkan lagi pindah federasi, tapi masih ada celah kenapa sampai dia bermain di usia 22 tahun untuk Belanda, dan ini sudah kami konfirmasi dengan KNVB," kata Arya Sinulingga menambahkan.

Oleh karena itu PSSI melakukan pelaporan ke Court of Arbitration of Sport atau CAS, saat ini PSSI masih memperjuangkan sidang yang akan dilakukan oleh CAS.

Saat ini masih belum ada kabar terbaru dari list of hearing dari sidang CAS hingga bulan Oktober mendatang, dimana nama Maarten Paes belum tercatat dalam sidang yang akan dilaksanakan.

Kategori :