Penampakan Macan Tutul Turun Gunung di Kuningan, Terekam Camera Trap BKSDA

Sabtu 13-07-2024,11:52 WIB
Reporter : Andre Mahardika
Editor : Yuda Sanjaya

"Memang rencananya Sabtu atau Minggu. Tapi untuk memutuskan penangkapan, harus ada diskusi dengan atasan dan teman teman yang ahli," tegasnya.

Dirinya menyampaikan, Hari Senin atau secepatnya, akan melakukan rapat dengan seluruh pihak terkait, dari daerah maupun provinsi.

Tentunya dengan bahasan penanganan satwa liar yang mulai menampakkan ke masyarakat.

Sementara itu, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah membenarkan sudah mengajukan surat permohonan evakuasi.

BACA JUGA:Legiun Asing Persib Mateo Kocijan Keluhkan Cuaca Panas Kota Bandung

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu menjelaskan, pihaknya telah melayangkan surat permohonan berdasarkan perintah Pj Bupati Kuningan, R Iip Hidajat.

Indra menerangkan, isi dari surat tersebut yaitu menjelaskan kronologis dan lapsit. Kemudian Langkah2 yang sudah di laksanakan oleh semua pihak terkait.

Dikatakannya, poin penting daripada berkas dimaksud ialah permohonan penanganan satwa liar.

Indra menegaskan, permohonan dimaksud tentunya dengan menerapkan SOP dari BKSDA.

BACA JUGA:Pernah 'Tampar' Haaland, Rugikan Timnas Indonesia, UEFA Pilih Francois Letexier Wasit Euro 2024

"Poin pentingnya adalah permohonan penanganan satwa liar/macan tutul untuk ada tindakan penangkapan atau metode penanganan lainnya sesuai SOP BKSDA," pungkasnya.

Sebelumnya, Tim gabungan dari Polsek Ciniru, Koramil, BPBD, BKPSDA, dan masyarakat setempat, melakukan pengecekan ke titik munculnya seekor macan tutul yang membuat keresahan warga.

Dari hasil pemeriksaan, didapat 3 titik jejak kaki macan tutul. Oleh karenanya, PJ Bupati Kuningan, langsung mengadakan musyawarah bersama dalam menindaklanjuti fenomena itu.

Kategori :