Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam di Desa Cikeusal, Kuningan, H Yanuar Prihatin Disambut Ribuan Warga

Minggu 21-07-2024,18:00 WIB
Reporter : Agus Sugiarto
Editor : Agus Sugiarto

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Nama H Yanuar Prihatin rupanya terpatri di hati warga di Desa Cikeusal, Kecamatan Cimahi, Kuningan, Jawa Barat.

Buktinya ribuan warga setempat berbondong-bondong menghadiri peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah pada Sabtu malam 20 Juli 2024.

Selain untuk menghadiri peringatan 1 Muharram, antusiasme warga juga dikarenakan tersiar kabar bahwa acara tersebut turut dihadiri oleh Calon Bupati Kuningan Yanuar Prihatin.

Anggota DPR RI dua periode itu diketahui memang kerap hadir dalam kegiatan keagamaan yang digelar di Kuningan meskipun acara diselenggarakan di desa pelosok sekalipun.

BACA JUGA:Gampang Banget! Begini Cara Membuat Makanan Kering Untuk Kucing Menggunakan Bahan Dapur, Begini Caranya

Yanuar yang telah ditunggu-tunggu warga Cikeusal akhirnya hadir dan disambut dengan banyaknya masyarakat ingin bersalaman.

Usai menyalami warga, putra deklarator PKB dan Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) era Gusdur itu langsung diminta untuk memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Yanuar mengucapkan terima kasih atas undangan kepada dirinya dalam peringatan Tahun Baru Islam di Desa Cikeusal. Ia juga menyampaikan makna di balik 1 Muharram.

"Hijriah itu hijrah artinya pindah atau perpindahan, pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Pindah dari keadaan yang kurang baik ke keadaan yang lebih baik. Segala rupa jadi berubah. Berubahnya dari negatif jadi positif. Pokoknya tiap hari harus ada perubahan dari yang kurang baik menjadi baik," ucap Yanuar.

BACA JUGA:Eks Bintang Timnas Fun Football di Ciawigebang Kuningan, Hamka Hamzah - Syamsir Alam Hipnotis Penonton

Sebagaimana diketahui, sistem kalender Islam dimulai pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab, dan tahun pertamanya dimulai saat hijrahnya Rasulullah SAW bersama para sahabat dari Makkah ke Madinah yakni tahun 622 Masehi.

Dari situlah, Yanuar memaknai Tahun Baru Islam sebagai momentum untuk hijrah atau berpindah dari suatu keadaan kurang baik menjadi baik dan disimpulkan ke dalam perubahan manusia menuju kesempurnaan.

Titi, seorang tokoh di Cikeusal sekaligus penyelenggara kegiatan atau akrab disapa Hj. Titi menyampaikan kegembiraannya atas kedatangan Yanuar dalam kegiatan yang diadakan di desanya.

BACA JUGA:Justin Hubner Resmi Keluar Dari Cerezo Osaka, Netizen Serang Instagram Cerezo Osaka FC

"Saya sangat senang dengan kehadiran pak Haji Yanuar dalam acara peringatan Tahun Baru Islam ini. Beliau luar biasa, mau datang jauh-jauh dari Jakarta ke pelosok sini. Warga juga senang ya ketemu sama tokoh yang selama ini memang kita semua cintai," ujar Titi.

Kategori :