Rekor 11 Tahun Terpecahkan, Timnas Indonesia U19 jadi Juara Usai Bungkam Thailand, Jens Raven jadi Pahlawan!

Selasa 30-07-2024,04:39 WIB
Reporter : Rafly Wahyu
Editor : Rafly Wahyu

RADARKUNINGAN.COM - Rekor 11 tahun kembali terpecahkan, tim nasional sepakbola Indonesia U19 berhasil mengalahkan Thailand dengan skor tipis, hingga membawa skuad Garuda jadi kampiun. 

Skuad asuhan Indra Sjafri ini berhasil merengkuh gelar juara AFF U19 setelah terakhir kali didapat pada tahun 2013 silam. Puasa gelar juara selama 10 tahun lebih ini akhirnya terpecahkan.

Gol tunggal sekaligus pembawa kemenangan bagi skuad garuda dicetak oleh Jens Raven pada menit ke-17. Gawang tim gajah perang ini berhasil dirobek oleh tembakan jarak dekat striker FC Dordrecht. 

Setelah gol tunggal ini, pasukan pertahanan merah putih bisa menahan serangan dan gempuran dari petahana juara Piala Asia Tenggara, hingga akhirnya tak ada kesempatan gol tambahan bagi lawan.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Meraih Juara Piala AFF U-19 Setelah Mengalahkan Thailand dengan Skor 1-0

Hari Senin 29 Juli 2024 jadi hari bersejarah buat Timnas Indonesia terutama untuk kelompok U19, karena berhasil membawa pulang trofi bergengsi dalam kejuaraan sepakbola Asia Tenggara. 

Diselenggarakan melalui Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Pasukan Indra Sjafri menjamu rival abadi Indonesia di kancah ASEAN yaitu Thailand.

Tim gajah perang sebelumnya maju ke babak final setelah mengalahkan tim raksasa benua sebelah, yakni Australia dengan gol seperti bunuh diri.

Namun setelah melakoni pertandingan di partai final selama 90 menit lebih, pasukan Garuda berhasil membungkam rival abadi dengan skor kemenangan tipis yaitu 1-0.

BACA JUGA:Baru Sepekan Lebih Gabung Persib Bandung, Bek asal Brazil Gustavo Franca Ngaku Sudah Mulai Betah

Jens Raven digadang-gadang jadi pahlawan dalam laga partai final melawan Thailand, mengapa? Karena dirinya berhasil mencatatkan nama di papan skor dalam mencetak satu gol penting. 

Gol yang dicetak oleh striker jangkung ini sekaligus membawa skuad Indra Sjafri berada di atas angin, tim gajah perang kesulitan untuk menyamakan skor kedudukan hingga akhir laga.

Skema gol Raven terjadi dalam tendangan pojok, yang dieksekusi oleh Kafiatur, lalu ada sontekan dari Kadek Arel, akhirnya langsung disambar oleh penyerang FC Dordrecht dan langsung jadi gol.

Di menit ke-18, penyerang muda ini membuat keunggulan sekaligus pembeda antara Indonesia dan Thailand, hingga akhirnya skor 1-0 merupakan hasil akhir pertandingan final Piala AFF U19 2024. 

BACA JUGA:Gawat! Strategi Licik China Dinilai Rugikan Timnas Indonesia dalam Round 3 Kualifikasi Piala Dunia

Kategori :