Jadi Harapan Jika Tidak Ada Maarten Paes, Ini Keistimewaan Ernando Ari Sutaryadi Yang Wajib Kamu Ketahui!

Kamis 01-08-2024,08:00 WIB
Reporter : Erlangga Auliyan
Editor : Erlangga Auliyan

RADARKUNINGAN.COM - Kabar Maarten Paes yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar sepakbola Indonesia, nampaknya belum menemukan titik temu. Hingga saat ini update Maarten Paes di CAS, terbilang masih abu-abu. 

Nihilnya kabar mengenai sang superstar yang masih diusahakan oleh PSSI dan sang ketua umum Erick Thohir, membuat para penggemar menaruh harapan tinggi kepada Ernando Ari Sutaryadi. Sang penjaga gawang yang telah menyertai Indonesia dalam puluhan pertandingan penting. 

Timnas Indonesia memiliki track record baik dengan sang penjaga gawang yang berasal dari Klub Sepakbola Persebaya ini. Ernando Ari Sutaryadi kerap kali menyelamatkan Indonesia dari kekalahan. 

Beberapa lagi krusial Ernando Ari Sutaryadi dengan Timnas Indonesia antara lain saat melawan Korea Selatan, Argentina, dan Jepang. Dengan informasi ini, kapasitas dan keistimewaan Ernando Ari Sutaryadi tidak perlu diragukan lagi. 

BACA JUGA:Gantung di CAS, Timnas Indonesia Andalkan Ernando Ari di Kualifikasi Piala Dunia, Maarten Paes Belum Tersedia?

1. Berani Mengambil Risiko 

Tidak jauh berbeda dari Maarten Paes, keistimewaan Ernando Ari Sutaryadi salah satunya adalah ia memiliki keberanian kuat untuk mengambil risiko. Ernando tidak segan untuk jatuh-bangun demi menyelamatkan bola. 

Ernando juga kerap dijuluki sebagai "spesialis penalti" karena kemampuannya untuk menahan dan menangkap bola dengan baik. Tidak hanya saat penalti, keistimewaan Ernando Ari Sutaryadi juga terlihat di pertandingan biasa. 

Dengan kemampuannya ini, Ernando Ari Sutaryadi telah meraih prestasi bersama Timnas Indonesia. Seperti meraih medali emas ASIAN GAMES 2023, Juara Piala AFF U-16 tahun 2017/2018.

BACA JUGA:Kiper Terbaik AFF U-19 2024, Ikram Algiffari Ngaku Idolakan Ernando Ari, Ernando : 'Lah saya Juga ngefans dia'

2. Reset Mental yang Cepat 

Keistimewaan Ernando Ari Sutaryadi tidak hanya berhenti pada kemampuannya menangkap si kulit bundar. Ernando Ari juga memiliki kemampuan untuk me-reset mental yang cepat. 

Dibuktikan dalam sebuah podcast di kanal Youtube "Sport77 Official", Ernando menyatakan jika selalu dipilih dan diberi kesempatan oleh coach Shin Tae-Yong menjadi alasan. Reset mental yang cepat membuat Ernando memiliki "mental baja". 

Ernando Ari Sutaryadi terbukti tidak terpengaruh cibiran netizen Indonesia saat membuat kesalahan melawan Iraq di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ernando dengan cepat bangkit dan kembali bertanding. 

Terbukti dengan hasil manis yang ia berikan saat Indonesia menghadapi Filipina. Indonesia menang dengan skor 2-0 pada laga ini. 

Kategori :