Ketahui, Suara Pengusir Tikus, Salah Satunya Suara Kucing

Selasa 06-08-2024,06:51 WIB
Reporter : Ditta Rosyalita
Editor : Ditta Rosyalita

RADARKUNINGAN.COM - Tikus memiliki pendengaran yang sangat tajam dan sensitif, memungkinkan mereka mendeteksi suara dalam rentang frekuensi yang luas, termasuk frekuensi ultrasonik yang tidak dapat didengar oleh manusia sekalipun.

Secara ilmiah, kemampuan ini terkait dengan struktur dan fungsi telinga tikus yang dirancang untuk menangkap getaran suara dengan efisiensi tinggi.

Suara yang dianggap ancaman akan memicu pelepasan hormon stres seperti adrenalin, yang meningkatkan kewaspadaan dan memicu reaksi melarikan diri.

Oleh karena itu, ketika tikus mendengar suara tertentu maka itu mengartikan marabahaya. Tikus pun secara refleks dan cepat akan kabur untuk mencari tempat yang aman.

BACA JUGA:Mau Mengisi Liburan Dengan Camping? Ini 2 Spot Camping Populer Kuningan Yang Bisa Kamu Datangi!m

Nah, kali ini sudah merangkum beberapa suara pengusir tikus secara lebih detail. 

Pertama, Secara ilmiah, ketika seseorang berteriak, gelombang suara yang dihasilkan memiliki amplitudo yang tinggi dan dapat mencakup rentang frekuensi lebar, termasuk frekuensi yang sangat tak nyaman bagi tikus.

Suara keras dan tiba-tiba dapat mengaktifkan ? saraf simpatik tikus, sehingga dapat memicu fight or flight yang cepat.

Amigdala, bagian otak yang mengolah emosi dan respons terhadap ancaman akan mengirim sinyal ke seluruh tubuh seekor tikus.

BACA JUGA:List of Hearings Sidang CAS Bulan September Mendatang, Maarten Paes Dipanggil untuk Sidang?

Reaksi ini menjadi mekanisme bertahan hidup yang telah berkembang untuk menghindari predator dan situasi berbahaya.Oleh karena itu, berteriak tentu akan menciptakan lingkungan akustik yang tidak menyenangkan dan mengancam bagi tikus.

Jika mendegar suara teriakan, tikus akan segera mencari tempat perlindungan yang lebih aman.

Kedua, Suara hentakan kaki mampu mengusir keberadaan tikus. Perlu diketahui kalau tikus memiliki sistem pendengaran dan persepsi getaran yang sensitif.

Tikus bisa mendeteksi getaran dan suara frekuensi rendah yang dihasilkan oleh hentakan kaki.

BACA JUGA:Indra Sjafri Klarifikasi Anti Pemain Keturunan, Simak Kata-katanya Berikut Ini, Penting, Oh Ternyata

Kategori :