4 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Kuningan, No 3 Sudah Terkenal!

Sabtu 31-08-2024,22:00 WIB
Reporter : Kusuma Yanuwar
Editor : Asep Kurnia

RADARKUNINGAN.COM - Kuningan terkenal dengan julukan sebagai Kota Kuda. Berbagai jenis oleh-oleh khas bisa dibawa pulang untuk anggota keluarga maupun teman.

Kuningan berjarak sekitar 43 km dari pusat Kota Cirebon. Selain memiliki berbagai macam tempat wisata alam yang indah,  juga mempunyai buah tangan yang bisa dibawa pulang.

Untuk mendapatkannya oleh-oleh khas Kuningan tidak perlu repot, sudah banyak toko berjejer di sepanjang jalan Cirebon-Kuningan ini.

Penasaran, apa saja oleh-oleh khas Kuningan ini? Mari kita simak pembahasannya.

1. Opak Bakar

Rekomendasi buah tangan yang pertama ada Opak Bakar.  Camilan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan dan kelapa kemudian di proses dengan cara di panggang. 

Makanan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh camilan bersama keluarga tercinta. 

Cara pembuatannya, opak di iris kecil-kecil dan tipis sehingga menghasilkan tekstur yang sangat renyah saat di gigit. 

Ada satu desa yang masih aktif memproduksi opak untuk di distribusikan ke pusat oleh-oleh khas Kuningan, namanya Desa Mandirancan. 

Opak bakar dijual dengan berbagai macam jenis ukuran. Ukuran yang terkecil mulai dari 30 cm x 10 cm dengan harga sekitaran Rp. 20 ribu saja.

2. Batik Kuningan

Batik merupakan kain khas Indonesia yang menggabungkan perpaduan seni dan juga teknologi.  Hampir di setiap daerah mempunyai motif batik masing-masing, salah satunya di Kuningan.

Batik khas Kuningan mempunyai ciri khas motif yang cerah namun tidak didominasi banyak warna. 

Memiliki tema yang diusung dari batik ini adalah kuda kuningan yang merupakan fauna khas Kuningan, ikan Dewa, Kujang yang merupakan senjata khas Jawa Barat, termasuk juga monumen bokor.

Untuk harganya, batik kuningan dibandrol dengan harga sekitar Rp. 95 ribu dengan perkiraan panjang kain hingga 4 meter. 

Kategori :