Media Vietnam Singgung Pemain Indonesia U-16 Matthew Baker yang Menolak Panggilan Timnas Australia

Kamis 08-08-2024,11:18 WIB
Reporter : Farhan Prima
Editor : Farhan Prima

RADARKUNINGAN.COM- Baru-baru ini berita mengenai Matthew Baker yang ditawari bermain bersama Timnas Australia beredar luas.

Tidak hanya media Indonesia saja yang membicarakan hal ini, media asing seperti Vietnam pun turut memberitakan Matthew Baker.

Melansir dari media Vietnam singgung pemain Indonesia dengan memberitakan dengan judul "Indonesia terus menemui kesulitan dengan pemain naturalisasi" yang dilansir dari bongda

Isi dari berita tersebut adalah mengenai peman naturaliasi seperti Maarten Paes, Matthew Baker serta Mauresmo Hikone dimana Mauresmo tidak dapat membela timnas Indonesia karena regulasi FIFA.

BACA JUGA:Striker Tajam Anak Robin van Persie Bisa Naturalisasi, Ada Keturunan Indonesia, Benarkah? Cek Fakta Berikut!

Menurut media Vietnam sepak bola Indonesia telah mengalami perkembangan pesat belakangan ini, terutama dengan keberhasilan lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pencapaian ini sebagian besar didorong oleh kebijakan naturalisasi besar-besaran yang dilakukan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), dan proses ini tampaknya masih akan berlanjut.

Sejumlah pemain tengah dipersiapkan untuk bergabung dengan Tim Garuda dalam waktu dekat guna membantu mencapai tujuan bersejarah tersebut.

Selain itu, Mathew Baker, yang baru saja bergabung dengan Timnas Indonesia U16 untuk bertanding di Kejuaraan U16 Asia Tenggara 2024, di mana mereka berhasil mengalahkan Vietnam U16 dengan skor 5-0 dalam perebutan tempat ketiga, kini telah dipanggil oleh tim U17 Australia.

BACA JUGA:Sesumbar Media Vietnam, Banggakan Doan Van Hau Sembuh Cider, Acak-acak Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF 2024

Menurut regulasi FIFA, Mathew Baker bisa bermain untuk Australia maupun Indonesia. Namun, Indonesia dirugikan oleh daya tarik besar yang ditawarkan oleh Australia.

Ketika ditanya tentang kasus Mathew Baker, pelatih Nova Arianto mengaku terkejut dan mengonfirmasi bahwa pemain asal Kota Melbourne tersebut telah berkomitmen untuk membela Indonesia U17 dalam Kualifikasi Asia U17 2025 mendatang.

Di samping kedua nama tersebut, kasus Maarten Paes juga menimbulkan kekhawatiran di kalangan suporter Tanah Air, karena hingga saat ini masih belum jelas apakah ia layak bergabung dengan tim nasional untuk babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

PSSI saat ini sedang mempertimbangkan kemungkinan penyelesaian masalah ini melalui Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

BACA JUGA:LAGI! Media Vietnam Sebut Indonesia Diuntungkan Penundaan Piala AFF, Sorot Pernyataan Erick Thohir

Kategori :