Hobi ini Bisa Menghasilkan Cuan, Apa Saja Ya?

Rabu 25-09-2024,17:00 WIB
Reporter : Yusrini F
Editor : Asep Kurnia

RADARKUNINGAN – Hobi merupakan suatu hal yang disukai, namun bukan hanya disukai ada juga beberapa hobi yang bisa mengahasilkan cuan atau keuntungan materi. Penasaran?

Berdasarkan KBBI, hobi adalah suatu kegemaran atau kesenangan istimewa pada waktu senggang. Di zaman serba digital ini, banyak hobi yang bisa ditekuni yang akhirnya justru bisa menghasilkan cuan. 

Ya, hanya dengan sekadar hobi, justru bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan menjadi penghasilan utama pun bisa.

Untuk itu, kira-kira hobi apa saja ya? Berikut list hobinya.

BACA JUGA:Susunan Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U20 2025

1. Desain 

Hobi yang dapat menghasilkan cuan salah satunya yaitu desain. Bagi yang memiliki hobi desain, pekerjaan yang dapat dipilih adalah menjadi desainer. 

Dengan memiliki kemampuan untuk mendesain, maka bisa membuka jasa pembuatan logo, konten social media, foto ilustrasi, desain pembuatan website (UI/UX), animator, dan lain-lain. 

2. Menulis 

Menulis merupakan suatu bentuk untuk menuangkan pikiran, ide, gagasan, dan juga perasaan yang dimiliki melalui huruf-huruf yang disusun menjadi kalimat dan kalimat yang terus disusun hingga menjadi paragraf. Bagi yang memiliki hobi menulis, sungguh ini adalah salah satu hobi yang bermanfaat dan memiliki banyak keuntungan. 

BACA JUGA:Profil Rahmatsho Rahmatzoda, Bek Timnas Tajikistan Perkuat Persijap Jepara

BACA JUGA:Yuk Cobain, 3 Tempat Wisata Kuliner di Tegal yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan

Salah satunya adalah dengan tulisan tersebut bisa menghasilkan uang tambahan. Caranya yaitu dengan mengirim hasil karya tulis ke media-media berita online atau menjadi kontributor di blog dan web mereka.

Dengan menulis juga bisa mencari pekerjaan freelance di beberapa situs online milik klien. Tetapi lagi dan lagi jika ingin terjun ke dunia tulis menulis alangkah lebih baiknya memiliki portofolio. Portofolio dapat berbentuk blog atau website, yang nantinya dapat dikirimkan ke klien atau saat melamar pekerjaan di bidang kepenulisan. Pekerjaan yang berhubungan dengan menulis adalah bisa menjadi content writer, copywriter, UX Writer, jurnalis dan lain sebagainya.

3. Fotografi 

Kategori :