Hobi ini Bisa Menghasilkan Cuan, Apa Saja Ya?

Rabu 25-09-2024,17:00 WIB
Reporter : Yusrini F
Editor : Asep Kurnia

Siapa yang punya hobi fotografi? Fotografi sedari dulu sudah menjadi hobi primadona bagi Sebagian orang.

Nah bagi yang menyukai fotografi, hobi ini tentunya bisa menghasilkan cuan. Karena di era digital ini peluang menjadi fotografer sangat luas. Bukan hanya untuk fotografer professional, bagi fotografer pemula pun mempunyai kesempatan yang sama. Bagaimana caranya? 

BACA JUGA:Polemik Naturalisasi Timnas Indonesia, Dipantau Pemain Keturunan

BACA JUGA:Ketahui, Fitur iPhone 16 yang Sudah Dimiliki Android Sejak Lama

Salah satu caranya yaitu dengan menjual hasil foto ke online stock photo agency, seperti ShutterStock, 123rf, atau beragam online stock photo agency lainnya. Selanjutnya ada juga yang menjual hasil karya fotonya di media atau majalah online. Alternatif lain yang paling digandrungi para fotografer adalah dengan membuka bisnis fotografi, misalnya ketika ada acara tertentu seperti wisuda, birthday party, event kantor/sekolah dll. Bahkan jika sudah mendapat kepercayaan karena skill dan gear yang sudah mumpuni, bisa menjadi fotografer prewedding dan wedding.

Selain itu bisa juga mengikuti lomba fotografi yang hadiahnya mendapatkan uang dengan nominal tertentu untuk bisa memotivasi agar lebih giat lagi mencari karya foto. Satu hal lagi jika ingin menekuni hobi ini adalah jangan sungkan untuk membagikan hasil karya foto di media sosial yang dimiliki, nantinya jika ada teman atau orang lain yang tertarik dengan hasil karya fotomu, tidak menutup kemungkinan mereka akan menggunakan jasa fotografimu dengan skill yang dimiliki. Anggap saja media sosial sebagai portofolio onlinemu sebelum memiliki portofolio yang lebih professional.

4. Kuliner

Hobi kuliner bisa diartikan menyukai kegiatan memasak atau lebih menyukai “jajan” dengan dalam kata lain berburu kuliner untuk dinimati. Jika hobi memasak, bisa memanfaatkannya dengan bisnis catering, menjual masakan sendiri baik itu cemilan atau makanan berat, menjadi koki dan lain sebagainya.

Nah jika lebih senang jajan dan berburu kulineran, bisa coba dengan menjadi reviewer makanan dan membagikan penilaian di blog atau media sosial. Apalagi jika kamu sangat percaya diri bisa menjadi vlogger khusus kuliner. Bisa jadi dengan melakukan hal itu, maka nantinya akan ada influencer, pihak restoran, atau media kuliner yang akan mengajakmu kolaborasi dengan mereka.

Itulah beberapa hobi yang bisa menghasilkan cuan atau penghasilan tambahan, bahkan penghasilan utama. Adakah hobimu?

Kategori :