Profil Fardy Bachdim, Sosok Penting di Balik Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Kamis 10-10-2024,11:30 WIB
Reporter : Ditta Rosyalita
Editor : Asep Kurnia

RADARKUNINGAN.COM - Fardy Bachdim yang merupakan kakak dari Irfan Bachdim, merupakan sosok penting di balik banyaknya pemain naturalisasi yang kini membela Timnas Indonesia. Berikut ini profilnya.

PSSI dan Timnas Indonesia tengah gencar mencari pemain keturunan untuk dilakukan naturalisasi.

Sejumlah nama mulai dari Rafael Struick, Ivar Jenner, Sandy Walsh, Jay Idzes, Shayne Pattynama hingga Mees Hilgers, berhasil didapatkan untuk menambah kekuatan skuad Garuda.

Dalam prosesnya, PSSI tentu tak bekerja sendirian. Ada satu sosok penting di balik proses pemain naturalisasi Timnas Indonesia selama beberapa tahun ini. Dia adalah Fardy Bachdim.

Agen pemain sepak bola asal Indonesia yang banyak membantu PSSI dan Timnas Indonesia menemukan pemain-pemain diaspora di luar negeri.

BACA JUGA:Hasil Survei Parameter Konsultindo, Elektabilitas Paslon Ridho-Kamdan Tertinggi, Capai 43,8 Persen

Seperti apa profil Fardy Bachdim dan sepak terjangnya di dunia sepak bola? Simak di bawah ini.

Fardy Bachdim merupakan agen pemain sepak bola asal Indonesia yang tergabung dalam agensi Prime11 di Belanda.

Fardy merupakan kakak kandung dari mantan pemain Timnas Indonesia, Irfan Bachdim. Keluarga Bachdim memang cukup dekat dengan sepakbola.

Ayah dari Fardy dan Irfan, Noval Bachdim juga pernah membela klub sepak bola lokal bernama PS Fajar Lawang pada 1980-an.

BACA JUGA:Bantu UKM, Bumdes dan Desa Wisata Kuningan Naik Kelas, Comdev Universitas Prasmul Terjunkan 900 Mahasiswa

Selain itu, keluarga Bachdim juga dikenal memiliki jiwa pejuang Tanah Air. Kakeknya, Ali Bachdim merupakan purnawirawan TNI Angkatan Laut pada masanya.

Fardy Bachdim sendiri sudah berkeluarga dan memiliki istri bernama Suus Bachdim-Maares. Saat ini, Fardy dan Suus telah dikaruniai tiga anak laki-laki.

Berbeda dengan adiknya yang menjadi pesepak bola, Fardy Bachdim memilih berkarier di luar lapangan dengan menjadi agen pemain.

Awal karier Fardy bermula saat dia mempromosikan adiknya sendiri, Irfan Bachdim ke klub-klub Belanda.Saat itu, Irfan sempat diminati oleh klub Belanda seperti FC Utrecht, Haarlem, dan SV Argon.

Kategori :

Terpopuler