Fordaf NU Adakan Nyantri Keren

Fordaf NU Adakan Nyantri Keren

KUNINGAN–Forum Da’iyah Fatayat (Fordaf) NU, menggelar kegiatan Nyantri Keren selama beberapa pekan ke depan. Acara yang digelar tiap Sabtu ini, dipusatkan di Aula PCNU, Jalan Ir H Juanda Kuningan.

Fordaf sendiri merupakan lembaga Fatayat NU yang membidangi dakwah/dai\'yah Fatayat NU. Pelantikan Fordaf Kuningan telah dilaksanakan akhir Desember 2020 lalu di Sekretariat PC NU Kuningan.

Program unggulan Fordaf NU, yakni Nyantri Keren, digelar khusus untuk dai\'iyah-da’iyah muda Fatayat NU. Dengan mempertimbangkan berbagai hal, termasuk masih dalam pandemi Covid-19, peserta pun dibatasi hanya 16 orang saja.

“Fordaf melaksanakan program unggulan Nyantri Keren. Pesertanya terbatas, hanya 16 orang. Pelaksanaannya 9 kali pertemuan, dimulai dari tanggal 6 Februari sampai bulan April 2021. Kegiatan dilaksanakan setiap hari Sabtu,” kata Ketua PC Fatayat NU Kuningan Titin Suhartini SPd MM kepada Radar Kuningan, Sabtu (6/2).

Adapun pemateri yang disiapkan dalam kegiatan tersebut, kata Titin, di antaranya Dr KH Aang As’ary Lc MH selaku Sekretaris PC NU Kuningan, KH Asep Saefudin SPdI selaku pimpinan Ponpes Bani Syahir Cibingbin, K Cecep selaku Ketua LDNU, dan Asep Z Fauzi selaku Ketua KPU. Tak ketinggalan Dr Wahyu Hidayah MSi selaku Kadis Kominfo mengisi materi.

“Setelah selesai kegiatan Nyantri Keren, para peserta akan diseleksi oleh tim Fordaf Jabar untuk bisa mengikuti MKDM, atau Madrasah Kader Dai\'yah Mahmudah,” ujar Titin.

“Seleksinya nanti ada post test dan pre test, portofolio, kitab kuning dan karya tulis tentang dakwah di daerahnya,” terangnya.

Dijelaskan, kegiatan Nyantri Keren tersebut merupakan kegiatan serentak yang diinisiasi Fordaf Jabar bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) RI. Tujuannya untuk mencegah adanya faham terorisme dan radikalisme di kalangan masyarakat.

“Semoga dengan adanya Fordaf dan program Nyantri Keren ini, Dai\'yah-Dai\'yah Kuningan bisa berdaya dan berbudaya untuk bisa mengamalkan ilmunya untuk kepentingan umat dan masyarakat pada umumnya,” harap Titin.

Titin juga berharap Fordaf dan PC Fatayat NU Kabupaten Kuningan, bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Harapannya pula, Dai\'yah-Daiyah Fatayat NU ke depan bisa menjadi dai\'yah yang profesional, go public dan bisa menyejukkan umat dalam berdakwah.

Acara tersebut dibuka Ketua PC NU Kuningan KH Aam Aminudin SHI, dan dihadiri pengurus Muslimat NU, LDNU, IPPNU, serta sejumlah PAC Fatayat NU, di antaranya dari Kecamatan Hantara, Kadugede, Sindangagung, dan Kuningan. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: