Sebulan Pasca Musda, Ketua PAN Tak Ada Kepastian

Sebulan Pasca Musda, Ketua PAN Tak Ada Kepastian

KUNINGAN–Nyaris sudah satu bulan pasca digelarnya Musyawarah Daerah (Musda) Partai Amanat Nasional (PAN), 17 Januari lalu, belum keluar juga keputusan Ketum PAN untuk menentukan siapa Ketua DPD PAN Kuningan periode mendatang.

Publik sempat menduga-duga, siapa dari dua tokoh PAN Kuningan yang akan direstui Ketua Umum (Ketum) DPP PAN Zulkifli Hasan untuk memimpin PAN Kuningan 5 tahun mendatang. Apakah masih tetap akan dipegang H Udin Kusnedi SE MSi atau oleh H Uba Sobari Ak.

Menurut Ketua SC Musda PAN Kuningan, Cuncun Nuratmaja, saat dihubungi Radar Kuningan via sambungan telepon, Selasa (16/2), hingga 16 Februari 2021 kemarin, sudah terhitung satu bulan sejak Musda PAN Kuningan digelar 17 Januari 2021. Namun hingga kemarin belum ada keputusan dari DPP PAN terkait siapa yang direkomendasi menjadi Ketua DPD PAN Kuningan Periode 5 tahun mendatang.

“Sejak Musda tanggal 17 Januari, sampai tanggal 16 Februari (kemarin) 2021 ini sudah genap satu bulan. Akan tetapi belum ada keputusan (rekomendasi Ketua DPD PAN Kuningan) dari DPP,” kata Cuncun.

Cuncun memastikan pihaknya masih tetap menunggu datangnya keputusan tersebut. Namun ia sudah mengkonfirmasi ke pihak DPW, namun belum ada jawaban yang pasti.

“Yang jelas sekarang katanya keputusan sudah ada di tangan Ketum, tinggal berdoa saja,” jelasnya.

Untuk syarat yang ditugaskan Ketum PAN kepada formatur, salah satunya masing-masing harus merekrut Caleg dari setiap Kecamatan, menurut Cuncun syarat tersebut sudah diserahkan ke DPP oleh masing-masing formatur.

“Tapi saya tidak tahu percis ketika mereka menyerahkan ke sana (DPP PAN, red), apakah sudah melengkapi atau tidak. Karena kewenangannya kan sudah domain DPP. Jadi, belum jelas. Nanti kalau sudah ada kejelasan, disampaikan di media,” ucap Cuncun.

Cuncun kembali mengatakan dirinya sempat menanyakan hal tersebut ke DPW, karena untuk menanyakan langsung ke DPP ia tidak memiliki kewenangan. Hasilnya, DPW belum memastikan kepada siapa rekomendasi DPP untuk Ketua DPD PAN Kuningan itu turun. Hanya saja sebagai gambaran, keputusan sudah ada di tangan Ketum.

“Tinggal berdoa saja (bagi kedua calon, H Udin dan H Uba, red), termasuk para pendukungnya. Ya mudah-mudahan yang terbaik. Siapa pun yang menjadi Ketua DPD, memang berniatan baik untuk partai, menjadikan partai lebih baik lagi,” harap Cuncun.

“Baik Pak Haji Udin ataupun Pak Haji Uba, semuanya memang berniatan baik untuk partai. Untuk membesarkan PAN,” imbuhnya.

Sementara itu, belum ada tanggapan khusus yang disampaikan para formatur, baik dari H Udin maupun H Uba. Hanya saja diperoleh kabar, SK Ketum PAN untuk calon Ketua DPD PAN Kuningan mendatang dalam waktu dekat akan segera turun. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: