Mahasiswa Unisa Bisa Praktik Lapangan di RSU KMC

Mahasiswa Unisa Bisa Praktik Lapangan di RSU KMC

KUNINGAN – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Gizi dan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan, kini bisa melaksanakan tugas praktik lapangan di Rumah Sakit Umum (RSU) Kuningan Medical Center (KMC).

Hal tersebut berkat adanya kerja sama Unisa dengan RSU KMC, yang terjalin dengan baik. Penandatanganan naskah kerja sama yang dilakukan kedua belah pihak, berlangsung di Aula Kampus I Unisa, Jalan Mayasih Nomor 11, Cigugur, Rabu (17/2).

Naskah kerja sama ini ditandatangani langsung Rektor Unisa Kuningan H Nurul Iman Hima Amarullah SAg MSi dan Direktur RSU KMC dr Ode Aman Suhati MMRS, didampingi Kepala Bagian SDM RSU KMC Kuningan.

Hadir dalam acara ini, dari pihak Unisa yakni Warek II Uyu Wahyudin MM, Dekan Fakultas Kesehatan Hanan Sudiana SKep MMKes, Kabiro BAAK Aris Risdandi SE, Plt Wakil Dekan Fikes sekaligus Plt Prodi Ilmu Gizi Alfiani Rizqi MMRS, Kaprodi Kesmas Essy Zulfiani SPsi MHKes, Kabag Humas dan Kerjasama Sopandi MPd, serta jajaran dosen di lingkungan Fakultas Kesehatan Unisa.

Dalam sambutannya, Rektor Unisa H Nurul Iman Hima Amrullah, mengapresiasi atas hadirnya secara langsung pimpinan RSU KMC, sekaligus bersilaturahmi dengan keluarga besar Unisa Kuningan.

“Selamat datang di Kampus Unisa. Terima kasih telah berkenan hadir dan bertukar sapa serta menjalin hubungan kerja sama dengan Unisa Kuningan,” kata Nurul Iman.

Iman berharap dengan adanya penandatanganan naskah kerja sama tersebut, akan membawa kemaslahatan bagi kedua belah pihak serta bagi masyarakat luas. Bagi Unisa, kata Iman, dengan adanya kerja sama tersebut juga diharapkan akan berdampak positif bagi mahasiswa.

“Mahasiswa diharapkan tidak hanya mendapatkan ilmu dari kampus, namun di lapangan juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman, khususnya dari RS KMC Kuningan,” harapnya.

Sementara itu, Direktur RSU KMC Kuningan dr Ode Aman Suhati juga menyampaikan hal yang sama. Pihaknya mengapresiasi terhadap Unisa Kuningan untuk bekerja sama dengan RS yang dipimpinnya itu.

“Alhamdulillah saya berkesempatan silaturahmi dengan Unisa. Saya rasa, program penandatangan kerja sama ini merupakan program bagus yang digagas oleh Unisa Kuningan,” tutur dr Ode.

“Dengan begini, kami selaku praktisi di bidang kesehatan dapat berjalan beriringan, saling bahu membahu dengan lembaga pendidikan dalam mewujudkan kemajuan Kabupaten Kuningan di berbagai bidang, seperti kesehatan maupun pengembangan SDM,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Kesehatan Unisa Hanan Sudiana menjelaskan, kerja sama yang dilakukan Unisa dengan RSU KMC Kuningan meliputi 9 ruang lingkup beserta turunannya. Beberapa di antaranya terkait disepakatinya RSU KMC menjadi tempat belajar atau praktik lapangan bagi mahasiswa Unisa Prodi Ilmu Gizi dan Kesmas.  

“RSU KMC menjadi tempat belajar lapangan bagi mahasiswa Unisa Program Studi Ilmu Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Ini juga sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh Unisa dan RS KMC. Masih banyak lagi ruang lingkup kerja sama lainnya,” sebut Hanan. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: