Bupati Lantik Pengurus Baznas

Bupati Lantik Pengurus Baznas

KUNINGAN–Bupati H Acep Purnama SH MH resmi melantik pengurus Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuningan periode 2021-2026 di Pendopo Setda Kuningan, kemarin (19/3). Pelantikan ini disaksikan langsung Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Kepala Kantor Kemenag Kuningan Drs H Asep Hidayat, Kepala Diskominfo Dr Wahyu Hidayah MSi, Kabag Kesra Setda H Nunung Nurjati MSi dan sejumlah tamu undangan lain.

Dalam kesempatan itu, diberikan pula penghargaan bagi pengurus Baznas periode 2015-2020 yakni Drs H Encu Sukat Wiryasaputra, Drs H Yayan Sofyan dan Drs KH Abdul Aziz Amarullah. Proses penetapan pengurus baru sesuai dengan SK Bupati Kuningan Nomor 451.12/KPTS-5162/KESRA/2021.

Sekda Dian yang menjabat sebagai Ketua Tim Seleksi Baznas Kuningan menyampaikan, proses seleksi telah dilakukan sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada. Hasil ini menjadi acuan kepengurusan ke depan untuk lebih memaksimalkan tugasnya sebagai pengurus Baznas Kuningan.

“Pada dasarnya, kami selaku tim seleksi calon pimpinan Baznas Kuningan telah melaksanakan tugas dengan berpedoman kepada aturan dan regulasi yang telah ditetapkan, kami bekerja secara obyektif, transparan dan akuntabel. Sehingga pelaksanaan seleksi dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” ungkapnya.

Bupati H Acep Purnama memberikan ucapan selamat kepada para pengurus baru yang resmi dilantik. “Saya ucapkan selamat atas ditetapkannya 5 pimpinan Baznas Kabupaten Kuningan Periode 2021-2026. Tentunya keberhasilan ini atas usaha dan kerja keras para calon pimpinan Baznas, yang telah berhasil melewati seluruh proses tahapan seleksi dan uji kompetensi dari awal hingga akhir,” ungkapnya.

Tak lupa, Bupati Acep mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan pengurus Baznas periode sebelumnya karena telah melaksanakan tugas dengan baik, sebagaimana peran dan fungsinya.

“Para pimpinan Baznas Kuningan pada periode sebelumnya, telah meletakkan pondasi yang cukup kuat untuk mengembangkan Baznas Kuningan ke depan. Sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para pimpinan Baznas yang baru, agar dapat mempertahankan apa yang sudah diraih dan meningkatkan prestasi sebelumnya,” harapnya.

Dirinya meminta, Baznas untuk berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah dengan memaksimalkan program pemberian bantuan bagi masyarakat. Khususnya untuk masjid atau musala, ulama, ustad, kiai, guru ngaji, guru agama dan seluruh fisabilillah agar bisa diberdayakan melalui dana zakat yang disalurkan dari masyarakat.

“Maka dari itu, Baznas agar secepatnya menyusun dan merencanakan program kerjanya yang diselaraskan dan dikolaborasikan dengan enam program, visi dan misi pemerintah daerah agar terjalin komunikasi dan sinergitas. Sehingga menjadi satu frekuensi dengan pemerintah daerah,” imbuhnya.

Sementara Ketua Baznas Kuningan Drs H Yayan Sofyan MM merasa optimis, Baznas ke depan akan lebih maju. Sebab kini Baznas memiliki pimpinan berbagai kemampuan serta potensi yang luar biasa.

“Insya Allah jika Baznas ke depan akan lebih maju dalam rangka membantu pembangunan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Kami sepakat untuk bersinergis dengan pemerintah daerah, Kemenag, MUI dan lain sebagainya,” ucapnya.

Menurutnya, pada dasarnya misi Baznas adalah bagaimana mengubah yang mustahiqi menjadi muzakki. “Inilah program unggulan untuk bersinergis dengan semua pihak,” tutupnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: