Bupati Sampaikan LKPJ 2020

Bupati Sampaikan LKPJ 2020

KUNINGAN – Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran 2020, melalui sidang paripurna DPRD secara daring, Senin (29/3).

Dalam paparannya, Bupati Acep membeberkan arah kebijakan umum Pemda Kuningan tahun 2020 sejalan dengan visi dan misi pembangunan daerah Kabupaten Kuningan tahun 2018-2023, yakni Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023.

Berdasarkan isu strategis, prioritas dan fokus pembangunan sesuai tahap RPJMD, maka terdapat 11 prioritas pembangunan daerah tahun 2020, yakni peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan layanan kesehatan, khususnya bagi ibu dan anak, manula, serta penyandang disabilitas, peningkatan produktivitas, pengolahan dan pemasaran produk pertanian, percepatan pembangunan desa, khususnya sektor pertanian dan pariwisata.

Kemudian, prioritas untuk peningkatan produktivitas dan lapangan kerja melalui UMKM / IMKM berbasis teknologi informasi, pengembangan karakter berbangsa dan bernegara, serta keluhuran nilai-nilai agama, peningkatan mutu pelayanan dan transparansi pemerintahan melalui sistem informasi terpadu, jaminan distribusi  dan peningkatan produktivitas pangan lokal dan perikanan.

Selanjutnya, prioritas untuk peningkatan kualitas angkatan kerja dan kesempatan kerja, peningkatan keunggulan koperasi, usaha mikro, perdagangan dan industry berbasis potensi lokal, serta peningkatan sarana prasarana pelayanan dasar pemukiman (air bersih, sanitasi).

Menurut bupati, terkait dengan pengelolaan keuangan daerah, ia menyampaikan penjelasan tentang APBD tahun 2020. Untuk Pendapatan Daerah, terrealisasi sebesar Rp2,773 triliun (95,88%), pendapatan lain-lain daerah yang sah, direalisasikan sebesar Rp824,59 miliar (95%).

Sedangkan untuk belanja daerah, terealisasi Rp2,795 triliun (94,88%). Belanja ini dialokasikan untuk belanja langsung Rp1,732 triliun, dan belanja tidak langsung sebesar Rp1,063 triliun.

Untuk capaian kinerja Pemerintah Daerah Kuningan tahun 2020, kata bupati, terdiri dari upaya peningkatan SDM melalui peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan dengan sasaran 9 poin. Sedangkan untuk mewujudkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, dilaksanakan melalui peningkatan produktivitas pertanian, kualitas dan promosi UMKM, pariwisata, serta budaya.

Dalam kesempatan itu, bupati pun menyampaikan banyak poin penting lainnya terkait pencapaian kinerja Pemda Kuningan tahun 2020. Di akhir penyampaiannya, ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tetap menjaga kondusivitas daerah dalam menghadapi berbagai dinamika yang terjadi di masyarakat.

“Kami mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk tetap menjaga kondusivitas daerah dalam menghadapi berbagai dinamika yang terjadi di masyarakat,” ajak Bupati.

Rapat paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Nuzul Rachdy SE, didampingi para wakilnya dari gedung DPRD. Sedangkan bupati menyampaikan LKPJ melalui video conference dari kantor Setda Kuningan. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: