Dorong Wujudkan Kawasan Perajin Rotan

Dorong Wujudkan Kawasan Perajin Rotan

KUNINGAN–Kendati bukan sebagai daerah penghasil rotan, namun keinginan seorang legislator PAN untuk menciptakan sebuah kawasan perajin rotan patut diacungi jempol. Sebab ada upaya untuk memberdayakan masyarakat, agar memiliki keahlian dalam membuat kerajinan dari bahan rotan.

Hal itu terungkap, saat kegiatan reses yang dilakukan Anggota DPRD Kuningan, H Udin Kusnedi MSi di Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya, kemarin (23/4). Ia menawarkan kepada konstituen di dapilnya untuk mengikuti pelatihan membuat kerajian rotan.

“Sementara untuk pilot project kita pilih di dua kecamatan yakni Kramatmulya dan Jalaksana. Kita akan ambil dua orang dari beberapa desa di kecamatan ini untuk mengikuti pelatihan sebagai perajin rotan,” katanya.

Setelah menempuh pelatihan, lanjutnya, masing-masing peserta itu diminta untuk menularkan ilmu yang sudah didapat kepada warga setempat. Jika berhasil, maka dari setiap desa akan memiliki kelompok perajin rotan untuk melakukan produksinya.

Menurutnya, pelatihan yang diberikan akan terus dilakukan hingga peserta betul-betul mahir membuat kerajinan rotan. Sehingga kedepan, bisa membuka ruang bisnis dengan adanya kawasan perajin rotan di Kuningan.

“Yang jelas mereka harus serius mengikuti pelatihan, bekerja dan menghasilkan uang. Setelah saya hitung-hitung, hasilnya luar biasa kalau mereka rajin memproduksi kerajinan rotan,” ujarnya.

Dia mencontohkan, salah satu bentuk kerajinan rotan yang dihasilkan itu semacam keranjang. Apabila bisa berinovasi, maka banyak model maupun bentuk kerajinan yang dibuat dari bahan baku rotan.

“Hari ini saya berpikir, bagaimana pemberdayaan di masyarakat yang tadinya tidak bekerja menjadi berpenghasilan. Yang penting tidak hanya ikut pelatihan dan pelatihan saja, tapi bagaimana mereka bisa bekerja dari hasil pelatihan tersebut,” ungkapnya.

Disisi lain, Ia juga menyerap sejumlah aspirasi lain kaitan dengan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Beberapa di antaranya akan memberi bantuan bagi para kelompok petani maupun peternak, khususnya di beberapa desa Dapil II Kuningan.

“Ada beberapa kelompok petani, perikanan maupun peternakan untuk kita bantu. Khusus pertanian, saya memiliki program dan ini akan segera saya laksanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” tutupnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: