214 Siswa PKBM Bangkit Mandiri Lulus

214 Siswa PKBM Bangkit Mandiri Lulus

KUNINGAN–Sebanyak 214 orang peserta didik Program Paket B dan Paket C dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bangkit Mandiri dinyatakan lulus. Prosesi kelulusan ratusan peserta didik ini dipusatkan di RM Dapoer Bayem Kuningan, Minggu (13/6).

Saat pelepasan kelulusan siswa, hadir langsung Bupati H Acep Purnama SH MH. Tampak pula Kabid PAUD Dikmas Disdikbud Kuningan Dr Elon Carlan MPd, Kasi Pendidikan Masyarakat Bidang PAUD Dikmas Wawan Kurniawan SIP MSi dan Ketua PKBM Bangkit Mandiri Iyan Ahmad Suryaman SPd.

Bupati H Acep Purnama berkesempatan menyerahkan surat keterangan lulus secara simbolis bagi empat orang peserta kelulusan. Mereka merupakan peserta didik dari program Paket B dan Paket C di PKBM Bangkit Mandiri.

“Saya ucapkan selamat, semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat. Jaga almamater dan semoga kehidupan ke depan lebih baik dan meningkat,  harus menjadi kebanggaan serta tingkatkan terus dalam mengisi kualitas diri,” kata Bupati H Acep Purnama saat memberi sambutan.

Dia berpesan, agar para pengelola PKBM Bangkit Mandiri jangan berbangga dan berpuas diri. Namun harus terus memberikan yang terbaik demi kemajuan pendidikan di masyarakat.

“Apalagi di era 4.0 saat ini, digitalisasi harus terus dapat beradaptasi dan tetap waspada dengan perubahan zaman yang serba teknologi sekarang. Dengan begitu, untuk tetap dibarengi iman dan taqwa agar bisa menjaga apa yang kita gunakan di dunia maya, dapat bijak dalam menggunakan teknologi,” ungkapnya. 

Tak lupa, Acep menyampaikan, agar peserta kelulusan bisa memahami konteks pendidikan. Yakni untuk mencerdaskan bangsa.

“Jadi ketika bapak dan ibu sudah lulus dari sini, tetaplah belajar baik formal maupun nonformal dengan membaca. Sebab membaca itu sangat penting,” tandasnya. 

Sementara Ketua PKBM Bangkit Mandiri Iyan Ahmad Suryaman melaporkan, jumlah peserta yang lulus ada sebanyak 214 orang. Jumlah itu terdiri dari 46 orang pendidikan Paket B dan 158 orang pendidikan Paket C.

“Bagi seluruh peserta yang sudah dinyatakan lulus,  saya ucapkan selamat dan terima kasih. Semoga dengan ilmu yang sudah didapatkan berguna untuk bapak dan ibu semua,” ucapnya.

Ia menyampaikan terima kasih pula, khusus kepada Dr Elon Carlan yang terus membimbing dan memotivasi dalam aktivitas di PKBM. “Sebab tanpa beliau (Elon Carlan, red) PKBM Mandiri tidak dapat berjalan sampai saat ini. Terima kasih juga kepada tutor PKBM yang telah mendidik dan membimbing para pelajar Paket B dan Paket C,” ungkapnya.

Sementara salah seorang peserta didik, Rudi Siswanto mengaku, cukup nyaman mengikuti kegiatan pembelajaran di PKBM Bangkit Mandiri.

“Saya perwakilan dari rekan-rekan peserta didik mengucapkan terimakasih dengan adanya PKBM Bangkit mandiri ini. Walaupun usia saya sudah tua, tapi masih dapat merasakan semangat belajar selama satu tahun lebih. Tentunya dengan dibimbing oleh tutor yang luar biasa,  banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari PKBM Bangkit Mandiri,” tutupnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: