Penguatan Profesi Guru Melalui Webinar Pendidikan

Penguatan Profesi Guru Melalui Webinar Pendidikan

KUNINGAN–Bupati H Acep Purnama SH MH membuka opening speech webinar nasional pendidikan bertajuk Sistem Thinking untuk Membangun Masa Depan Guru yang Unggul dan Berdaya Saing, kemarin (22/6). Webinar secara virtual ini digagas langsung oleh STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Adapun sejumlah pembicara yakni Kepala Disdikbud Kuningan, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Ketua PGRI Kuningan, Ketua Prodi Teknik Industri Pertanian Sekolah Pasca Sarjana IPB dan Rektor Universitas Binawan. Menurut Bupati Acep, webinar ini memiliki peranan strategis dalam penguatan profesi guru sebagai agen perubahan menyongsong pendidikan abad ke-21.

“Apalagi dunia pendidikan pada masa pandemi Covid-19 ini, menuntut kesiapan strategi pembelajaran jarak jauh serta kesiapan kemampuan IT dalam mempersiapkan pembelajaran baik daring, luring ataupun blendid,” ucapnya.

Menurutnya, STKIP Muhammadiyah Kuningan termasuk perguruan tinggi yang besar, maju dan dinamis. Hal itu dibuktikan, dengan program pengabdian masyarakat yang kini semakin masif dilakukan.

“Seperti hari ini, kegiatan webinar nasional dengan tema sistem thinking untuk membangun masa depan guru yang unggul dan berdaya saing,” tukasnya.

Dirinya berharap, adanya webinar ini mampu memberikan manfaat yang besar untuk kepala sekolah dan guru, dalam peningkatan profesionalisme sekolah agar semakin bermutu dan berkualitas. Sebab kepala sekolah dan guru yang profesional, menjadi salah satu indikator kualitas pendidikan semakin maju.

“Kualitas pendidikan menjadi indikator penting dalam pencapaian visi Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023. Visi tersebut yang menjadi cita-cita masyarakat Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Dirinya berpesan, agar seluruh peserta dapat menyerap semua ilmu dan wawasan yang didapat dari webinar nasional pendidikan.

“Apa yang sudah ditanam hari ini, harus terus dipupuk dan dirawat sehingga berbuah manis di masa yang akan datang. Karena membangun pendidikan tidak bisa oleh sendiri, tetapi harus menggerakan semua komponen yang ada dengan proses yang sistematis, penuh kasih sayang dan keteladanan juga kesungguh-sungguhan,” ujarnya.

Tak lupa, Ia menyampaikan terima kasih kepada STKIP Muhammadiyah Kuningan yang telah berkolaborasi dalam mengadakan webinar.

“Semoga bisa terus terjalin kerjasama di masa yang akan datang, dan saya juga mengajak pada seluruh peserta webinar untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik. Manfaatkan kegiatan ini, sehingga menghasilkan sebuah konsep dan gagasan yang cerdas sebagai bekal untuk dikembangkan di sekolahnya masing-masing,” tutupnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: