Dua Pekan Jelang Idul Adha, Harga Sembako Stabil

Dua Pekan Jelang Idul Adha, Harga Sembako Stabil

KUNINGAN - Kondisi harga kebutuhan masyarakat pada dua pekan menjelang Idul Adha terpantau stabil. Seperti terjadi di Pasar Kepuh Kuningan, harga kebutuhan masyarakat seperti beras, telur, daging, cabai hingga sayuran masih dalam kondisi normal.

Tercatat, harga cabai merah saat ini normal di kisaran Rp25.000, bawang merah Rp28.000, bawang putih Rp25.000 dan cabai rawit Rp30.000 per kilogram. Sementara timun, tomat dan kol masing-masing Rp10.000, Rp4.000 dan Rp5.000 per kilogram.

\"Alhamdulillah harga sayuran hingga saat ini masih stabil, belum ada kenaikan. Mudah-mudahan masih bisa bertahan hingga menjelang Lebaran Kurban nanti,\" ungkap Dadang salah satu pedagang sayuran di Pasar Kepuh, Kamis (8/7).

Begitu juga harga daging ayam, saat ini masih stabil di harga Rp33.000, daging sapi Rp120.000 dan telur ayam negeri Rp23.000 per kilogram. Adapun harga kebutuhan pokok seperti beras, gula dan minyak goreng masih normal di harga Rp10.000, 13.000 dan Rp14.000 per kilogram.

Petugas pemantau harga dari Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Dinkopdagperin) Kabupaten Kuningan Arisman menduga, kondisi pandemi dan penerapan PPKM Darurat di berbagai daerah yang mengharuskan masyarakat tetap di rumah sepertinya cukup berpengaruh terhadap kondisi harga.

\"Biasanya pada saat-saat menjelang Idul Adha banyak masyarakat yang menggelar hajatan nikahan atau khitan sehingga beberapa komoditi seperti cabai, daging dan telur mengalami kenaikan harga. Namun tahun ini berbeda. Kondisi pandemi dan berbagai kebijakan pemerintah terkait pembatasan aktivitas masyarakat, cukup berpengaruh terhadap aktivitas transaksi di pasar. Dampaknya, ketersediaan barang pun cukup sehingga harga pun tetap stabil,\" ungkap Arisman.

Arisman berharap, kondisi ini masih bisa bertahan hingga Lebaran Idul Adha nanti. Bahkan bisa jadi beberapa komoditi akan mengalami penurunan harga terutama daging karena banyak pembagian daging qurban. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: