Bantuan 100 Tabung Oksigen Tiba di Kuningan

Bantuan 100 Tabung Oksigen Tiba di Kuningan

KUNINGAN – Stok oksigen untuk penanganan pasien Covid-19, sejak beberapa hari lalu mengalami kelangkaan. Berbagai upaya pun dilakukan Pemkab Kuningan untuk menangani permasalahan kebutuhan bantuan pernapasan tersebut.

Salah satunya, Pemkab Kuningan mendatangkan bantuan sebanyak 100 tabung oksigen dari program CSR PT Krakatau Steel Cilegon Provinsi Banten. Bantuan tersebut diterima langsung Bupati H Acep Purnama SH MH di halaman Parkir Setda Kuningan, Senin (12/7) pagi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Para Asisten Daerah dan Kabag di lingkup Setda Kuningan, Kepala Pelaksana BPBD Indra Bayu Permana SSTP, sejumlah Kepala SKPD dan undangan lainnya.

“Alhamdulillah, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kuningan mengucapkan terima kasih kepada PT Krakatau Steel, yang telah membantu suplai oksigen sebanyak 100 tabung melalui program CSR nya. Bantuan ini, akan langsung kami distribusikan ke rumah sakit-rumah sakit, dalam rangka memenuhi kebutuhan oksigen dalam upaya penanganan pasien Covid-19,” ujar Bupati Acep.

Dikatakan Acep, untuk mendapatkan bantuan refill oksigen dari PT Krakatau Steel, pihaknya mengimpun tabung-tabung oksigen dari sejumlah rumah sakit yang ada di Kuningan. Selanjutnya, tabung-tabung yang sudah terkumpul dikirim ke PT Krakatau Steel untuk dilakukan pengisian ulang oksigen.

Menurutnya, kelangkaan oksigen terjadi hampir di semua wilayah. Hal itu diakibatkan tingginya angka pasien positif Covid-19 yang memerlukan bantuan oksigen dalam penanganannya, termasuk di Kabupaten Kuningan.

“Hari ini (kemarin, red) sudah ada di Kuningan (bantuan oksigen) dan langsung kita bagikan. Harapan saya dengan adanya bantuan ini peningkatan pelayanan kepada pasien-pasien Covid-19 yang memerlukan itu bisa secepatnya dimanfaatkan, sehingga angka kesembuhan dapat meningkat. Karena salah satu yang dibutuhkan dalam penanganan pasien Covid-19 ini adalah ketersediaan oksigen,” harapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati H Acep Purnama menyerahkan bantuan oksigen tersebut secara simbolis kepada sejumlah rumah sakit. Adapun rumah sakit yang menerima di antaranya, RSUD 45 Kuningan sebanyak 50 tabung, RSUD Linggajati 21 tabung, RS El-Syifa 8 tabung, RS Hasna Medika 8 tabung, RS Wijaya Kusumah 5 tabung, dan RS Sekar Kamulyan sebanyak 8 tabung.

“Dalam kondisi seperti ini, kita datangkan dari mana saja oksigen, yang penting bisa membantu masyarakat, pasien. Nanti juga katanya ada di Surabaya, saya akan kejar ke sana,” pungkasnya. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: