Karang Taruna Bangun Sinergitas dengan PABPDSI

Karang Taruna Bangun Sinergitas dengan PABPDSI

KUNINGAN – Karang Taruna Kabupaten Kuningan membangun sinergitas dengan Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI). Pertemuan berlangsung terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan, di Coffee Lendot Mang Elon, Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana, Kamis (12/8).

Dihadiri Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan Dr Elon Carlan MMPd dan Ketua Pengurus Daerah PABPDSI Kuningan Drs Yayat Supriatna MM, didamping sejumlah pengurus masing-masing lembaga. 

Ketua Karang Taruna Kuningan Dr Elon Carlan MMPd mengatakan, pertemuan tersebut sebagai sarana silaturahmi sekaligus untuk membangun sinergitas antara Karang Taruna dengan PABPDSI Kuningan. Pihaknya memandang sangat perlu dan penting untuk membangun sinergitas tersebut, dalam hal ini menjalin komunikasi dengan organisasi PABPDSI Kabupaten Kuningan.

“Selain wadah untuk bernaungnya organisasi BPD yang ada di tiap desa, di organisasi PABPDSI ini juga ada peran BPD yang cukup sentral, yaitu sebagai badan legislasi dan budgeting yang ada di desa itu sendiri. Ini sesuai amanat Perda Kabupaten Kuningan Nomor 5 tahun 2019 tentang BPD,” kata Elon.

Pihaknya berharap adanya kesepahaman hingga dukungan berupa penganggaran dalam program yang akan dilaksanakan oleh warga Karang Taruna yang ada di tingkat desa.

“Pada saat penetapan APBDes dengan pemerintah desa ke depannya dalam rangka tidak ada lagi sebuah kesenjangan anggaran antara Karang Taruna satu dengan yang lainnya,” harap Elon.

Sementara itu, Ketua PD PABPDSI Kuningan Drs Yayat Supriatna MM, juga menyampaikan terima kasih atas undangan dan jamuan yang diberikan pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan. Pihaknya sangat mengapresiasi pergerakan Karang Taruna saat ini yang dipimpin Dr Elon Carlan MMPd.

“Sekarang terlihat kepada aksi nyata. Bukan hanya dalam hal sosial kemasyarakatan, namun tanggap serta respons terhadap isu-isu strategis lainnya, terutama bahu membahu membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19, yang sedang melanda kita semua,” kata Yayat. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: