Ketua DPRD Usulkan Sertifikat Vaksin Jadi Syarat Berwisata

Ketua DPRD Usulkan Sertifikat Vaksin Jadi Syarat Berwisata

KUNINGAN - Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy SE, mengusulkan penggunaan sertifikat vaksin jadi syarat bagi pengunjung masuk ke objek wisata.

\"Saya mengimbau pelaku wisata untuk memperhatikan protokol kesehatan, diupayakan yang masuk objek wisata adalah pengunjung yang sudah melakukan vaksinasi. Karena vaksin sangat membantu untuk meningkatkan imun,\" kata Nuzul, kemarin (13/8).

Dengan menunjukkan sertifikat vaksin, kata Nuzul, setidaknya dapat memberikan rasa aman bagi pengunjung lainnya saat berada di lokasi objek wisata. Selain itu, pengunjung tidak perlu membawa sertifikat vaksin dalam bentuk fisik. Pengunjung objek wisata hanya perlu menunjukkan sertifikat tersebut melalui smartphonenya masing-masing. 

\"Seharusnya begitu (menunjukkan sertifikat), seperti yang dilakukan beberapa kota besar yang membolehkan mal dibuka dengan syarat sertifikat vaksin. Sekarang kan teknologi canggih, tidak perlu bawa kertas. Tinggal tunjukkan dari smartphone sertifikatnya,\" ujarnya.

Bila perlu, lanjut Nuzul, pelaku wisata bisa berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan maupun TNI/Polri untuk menyediakan layanan vaksinasi bagi pengunjung yang datang di kawasan wisata.

\"Bila perlu pengelola wisata menyediakan tempat khusus untuk vaksinasi pengunjung, bisa kolaborasi dengan Dinas Kesehatan maupun TNI/Polri yang sekarang rutin melakukan vaksinasi,\" tandasnya. (muh) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: