150 Warga Cibunut Periksa Kesehatan Gratis

150 Warga Cibunut Periksa Kesehatan Gratis

KUNINGAN - Sebanyak 150 warga Dusun Cibunut, Desa Cirukem, Kecamatan Garawangi, menjalani pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan Baznas Kuningan bersama Mualaf Center Baznas (MCB) Indonesia, Sabtu (25/9).

Kegiatan yang digelar di Balai Kampung Dusun Cibunut tersebut dihadiri langsung Kepala Program MCB Indonesia Salahaudin Elayubi didampingi Kepala Program MCB Provinsi Jawa Barat Suhro dan Koordinator MCB Kuningan Yogie Kurnia S serta Kepala Baznas Kuningan Yayan Sofyan bersama sejumlah pengurus. Kegiatan pengobatan gratis hasil kerja sama Baznas dengan Dana Reksa ini pun mendapat sambutan antusias warga Cibunut terutama mereka yang telah berusia lanjut.

Kegiatan yang berlangsung di balai kampung Dusun Cibunut tersebut dihadiri langsung oleh 150 orang masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya seperti tensi darah, kadar gula darah dan konsultasi langsung dengan dokter dari Rumah Sehat Baznas. Usai diperiksa, para  obat dan paket kesehatan berupa (sabun, pasta gigi, sampo dan sebagainya secara gratis.

Kepala Program MCB Indonesia Salahaudin Elayubi mengungkapkan, program kemanusiaan ini merupakan Komitmen Baznas dalam membantu mengatasi permasalahan di masyarakat. Selain di Dusun Cibunut, kegiatan serupa juga sudah banyak digelar di beberapa daerah di Indonesia secara bergiliran.

\"Insya Allah Baznas hadir untuk ikut bersama-sama membantu pemerintah dalam penanganan masalah yang ada di masyarakat, salah satunya di bidang kesehatan,\" ungkap Salahudin.

Salahudin juga berharap ke depan penghimpunan Baznas khususnya di Kabupaten Kuningan dapat meningkat agar lebih banyak masyakat yang mendapatkan manfaat.

Ketua Baznas Kuningan Yayan Sofyan mengatakan, kegiatan ini adalah program kolaborasi antara Baznas Pusat dengan daerah. Dikatakan, pelaksanaan program ini bisa berjalan atas partisipasi masyarakat atau muzaki yang telah membayarkan zakat, infaq dan sedekah kepada Baznas.

“Ini merupakan harta yang diamanatkan oleh para muzaki yang dikumpulkan oleh Baznas, kemudian didistribusikan melalui program kesehatan Baznas. Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk masyarakat Cibunut, dan untuk para muzaki menjadi amal jariah yang pahalanya akan terus mengalir hingga hari akhir nanti,\" ujar Yayan.

Selain menggelar kegiatan pengobatan gratis, dalam giat tersebut, Baznas Kuningan memberikan bantuan 100 paket sembako untuk masyakat dusun Cibunut yang nilainya mencapai Rp10 juta. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: