Archery Championship Menpora Cup di Stadion Mashud

Archery Championship Menpora Cup di Stadion Mashud

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH membuka event Archery Championship Menpora Cup di Stadion Mashud Wisnu Saputra Kuningan, Jumat (29/10). Kegiatan ini diikuti para atlet panahan dari tujuh kabupaten/kota di Jawa barat.

Adapun ketujuh daerah itu di antaranya Cirebon, Ciamis, Majalengka, Sumedang, Sukabumi, Kota Cirebon dan Kuningan. Pertandingan Archery Championship Menpora Cup akan berlangsung selama dua hari ini.

Dalam kesempatan itu, Bupati Acep menjajal salah satu alat panahan untuk ditembakkan ke titik sasaran. Pelepasan anak panah oleh Bupati Acep ini pun menjadi tanda pembukaan event tersebut.

Menurut Bupati Acep, Archery Championship Menpora Cup adalah sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah terhadap dunia olahraga khususnya cabang panahan.

“Saya siap mendukung dan bersinergi dengan pemerintah pusat dan Pemerintah Jawa Barat, sesuai dengan tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXVIII 2021. Yakni desain besar olahraga nasional menuju Indonesia maju,” tandasnya.

Menurutnya, keolahragaan merupakan prioritas pemerintah daerah. Hal itu dapat dilihat dengan diraihnya sembilan medali emas oleh atlet asal Kuningan pada helaran PON XX Papua. Melalui prestasi yang didapatkan, maka menempatkan Kuningan di ranking ketiga sebagai kabupaten penyumbang medali emas yang mengantarkan Jabar sebagai Juara Umum.

“Archery Championship Cup Piala Menpora ini dilaksanakan sebagai tes event untuk kegiatan babak kualifikasi porprov. Sebab Kuningan dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Babak Kualifikasi Porprov XIV tahun 2021 Cabor Panahan pada 18-22 November 2021,” ungkapnya.

Dirinya berharap, event ini dapat membangkitkan kembali semangat para atlet panahan asal Kuningan untuk mampu berkiprah. Tidak hanya di tingkat lokal dan regional, melainkan pula tingkat nasional bahkan internasional.

Kepala Bidang Keolahragaan Disporapar Kuningan Asep Ismanto SPd MPd menambahkan, para atlet panahan yang turun tanding di Archery Championship Piala Menpora berasal dari tujuh daerah. Di antaranya yaitu Kuningan, Cirebon, Ciamis, Majalengka, Sumedang, Sukabumi dan Kota Cirebon.

“Jumlah seluruh atlet dari 7 Pengcab Perpani kabupaten/kota di Jawa Barat yang turut serta dalam kejuaraan ini 87 orang. Mereka akan mengikuti tiga nomor pertandingan yaitu nomor recurve, coumpound, serta nomor standar nasional,” sebutnya.

Menurutnya, kejuaraan olahraga unik yang jarang digelar di Kuningan tersebut bisa terselenggara atas sokongan dana atau anggaran yang bersumber dari Kemenpora RI.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: