Bupati Dukung Wujudkan Desa Digital

Bupati Dukung Wujudkan Desa Digital

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mewujudkan desa digital di Kabupaten Kuningan. Hal ini terlihat saat penyerahan bantuan berupa laptop, banner roll hingga papan nama lembaga Bumdes di Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, kemarin (3/11).

Dalam kesempatan itu, Bupati H Acep Purnama menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemprov Jabar yang bekerjasama dengan salah satu perusahaan marketplace ternama di Indonesia. Bantuan yang diberikan tentunya dapat mendorong pemulihan ekonomi di kalangan masyarakat.

“Semoga kerjasama ini mampu mendorong pemulihan ekonomi desa melalui pemasaran produk-produk Bumdes hingga ke level nasional atau bahkan internasional. Sekaligus membantu peningkatan kapasitas SDM Bumdes itu sendiri,” ucapnya.

Menurutnya, program Gubernur Jabar Ridwan Kamil merupakan hasil kerja sama dengan salah satu online shop terbesar di Indonesia. Marketplace ini berkolaborasi dengan Pemprov Jabar dalam rangka percepatan digitalisasi UMKM untuk mendorong ekonomi digital di wilayah Jabar.

“Atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kuningan, kami mengucapkan terima kasih karena telah memberikan kepercayaan pendistribusian bantuan kepada Bumdes yang ada di Kuningan,” ungkapnya.

Adanya dukungan yang diberikan, lanjutnya, maka dengan implementasi program infrastruktur pusat digital desa melalui pendistribusian laptop bagi Bumdes, diharapkan menjadi pondasi bagi masyarakat perdesaan untuk memasuki era digital dalam menopang percepatan pembangunan ekonomi perdesaan di Kuningan.

“Semoga ke depan dapat mendongkrak kerja sama ekonomi, sehingga menjadi satu komunitas yang lebih luas yang saling mengisi, memberi, interkoneksi dan saling menguntungkan,” imbuhnya.

Dia melihat, adanya kerja sama yang dibangun melalui Pemprov Jabar dan marketplace tersebut, diharapkan pengembangan produk unggulan dan kerajinan hasil usaha komunitas dapat berkembang luas menembus pasar nasional maupun internasional. Tentunya searah dengan visi Kuningan Maju Berbasis Desa Tahun 2023.

“Bagi seluruh pengurus Bumdes, agar memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin sesuai peruntukan. Yakni fasilitasi pemasaran produk-produk UKM Perdesaan, agar berdampak pada tumbuh dan berkembangnya pelaku usaha di perdesaan,” pungkasnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: