Wamendes Resmikan Pomdesa di Cineumbeuy

Wamendes Resmikan Pomdesa di Cineumbeuy

KUNINGAN – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi meresmikan bangunan Pomdesa di Desa Cineumbeuy, Lebakwangi, kemarin (9/11). Pengelolaan Pomdesa atau Pom Mini Pedesaan ini dilakukan langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Selain Desa Cineumbeuy, Pomdesa juga dibangun di Desa Subang, Kecamatan Subang. Kehadiran Pomdesa ini diharapkan bisa dimanfaatkan warga dalam memenuhi kebutuhan BBM sehari-hari.

“Saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Desa Cineumbeuy dan Desa Subang, semoga Pomdesa ini bisa menjadi pelopor, menjadi inspirasi buat desa-desa lain di seluruh Indonesia dalam pengadaan BBM khususnya bensin dan solar untuk masyarakatnya. Semoga Pomdesa bisa digunakan untuk masyarakat, berguna bagi masyarakat dan juga memberikan keuntungan bagi desa terutama dalam bentuk kontribusi PADes,” kata Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi.

Pihaknya berharap, Pomdesa ini bisa menjadi pilot project bagi desa-desa lain di seluruh Indonesia. “Kita berharap, mudah-mudahan ini menjadi cerita yang sukses, dan cerita sukses itu harus dimulai hari ini. Kemudian satu tahun ke depan usaha BUMDes ini bisa menjadi kisah success story yang bisa ditularkan ke seluruh desa di Indonesia,” imbuhnya.

Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda merasa bersyukur, sebab peresmian Pomdesa BUMDes ini langsung dilakukan oleh Wakil Menteri Desa PDTT RI.

“Kami merasa bangga dan bahagia, karena kami merasa yakin tidak semua desa atau kabupaten memperoleh kesempatan yang sangat baik ini. Semoga ini menjadi langkah awal kebangkitan ekonomi masyarakat desa dan menjadi stimulus bagi desa yang lain, untuk membangkitkan ekonomi masyarakat sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirut PT Purna Mitra Energi Yaya Sumantri mengatakan, Pomdesa adalah sub penyalur BBM menggunakan mesin digital yang tersertifikasi oleh metrologi legal. Pomdesa di Kuningan merupakan pelopor usaha BBM di Indonesia yang pengelolaan dan kepemilikan murni oleh Bumdes.

“Kami hadir untuk terus membantu masyarakat bangkit pulih ekonominya di masa dan pasca pandemi. Karena Pomdesa adalah implementasi nyata pemberdayaan ekonomi kerakyatan,” ucapnya.

Menurutnya, Pomdesa sebagai salah satu upaya merealisasikan regulasi negara dan membantu masyarakat, dalam mendapatkan haknya menikmati pemerataan BBM. Yakni dengan langkah mengalirkan energi hingga pelosok negeri.

“Kita memulai sesuatu yang baru di Indonesia. Berawal dari Kuningan, Pomdesa di Nusantara insya Allah berkibar secara luas dan merata,” pungkasnya.(ags/muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: