Kementerian Desa Dukung Pengembangan Desa Wisata

Kementerian Desa Dukung Pengembangan Desa Wisata

KUNINGAN – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendukung pengembangan bagi potensi-potensi desa wisata di Kabupaten Kuningan. Apalagi, pengembangan desa wisata merupakan realisasi dari janji Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Dukungan ini disampaikan Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan, kemarin (9/11). Kehadiran Wamendes disambut hangat Bupati H Acep Purnama SH MH, Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi dan Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi di Pendopo Kuningan.

“Pembangunan desa wisata ini janji Pak Presiden. Janji Pak Presiden adalah mengembangkan desa digital dan desa wisata, desa wisata harus didorong terus menerus,” kata Wamendes Budi Arie Setiadi.

Menurutnya, desa wisata akan menjadi salah satu penopang bagi pembangunan desa berkelanjutan. Terkait hal tersebut, Kemendes PDTT bersama Kemenparekraf dan sejumlah kementerian atau lembaga terkait, terus melakukan koordinasi dalam mendorong pengembangan desa wisata dan kreatif.

“Namun keberhasilan pengembangan desa wisata tidak lepas dari peran aktif anak-anak muda di desa,” terangnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak agar desa menggandeng para pemuda desa untuk membantu proses pembangunan di desa.

“Karena contoh desa wisata yang maju itu, pelopornya selalu anak muda. Karena desa tanpa anak muda nggak ada potensi untuk maju,” ujarnya.

Menurutnya, membangun desa sama halnya dengan membangun masa depan Indonesia. Sebab negara Indonesia tidak akan maju, apabila di dalamnya masih terdapat sebuah desa yang tertinggal.

“Sehingga saat ini pemerintah berfokus pada perkembangan desa. Jadi pemuda desa merupakan generasi penerus bangsa yang harus selalu dijaga, sebuah desa tanpa anak muda sama dengan desa tanpa harapan,” imbuhnya.

Dia berharap, desa dapat memberikan kesempatan bagi pemuda desa untuk berkreativitas melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dengan tujuan agar pemuda tidak meninggalkan desa. Sebab saat ini, Bumdes telah menjadi badan hukum, maka kesempatan itu harus dimanfaatkan.

“Saya berharap seluruh desa yang ada di Kabupaten Kuningan, dapat menjadi contoh bagi daerah lain menuju desa maju dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Jika semua tercapai, maka problematika negara akan selesai. Karena paradigma pembangunan memang harus dari bawah, meskipun pada prosesnya tidak dapat serentak,” terangnya.

Sementara Bupati H Acep Purnama menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wamendes di Kuningan. Sebab hal ini merupakan kehormatan dan kebanggan bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

“Selamat datang, terima kasih sudah datang ke Kabupaten Kuningan yang mempunyai moto juang Asri (Aman, Sehat, Rindang dan Indah). Kami menyambut hangat dan bangga,” ucapnya.

Saat di Pendopo, Bupati Acep dan Wakil Bupati M Ridho berbincang hangat dengan Wamendes Budi Arie mengenai wilayah dan memperkenalkan potensi-potensi luar biasa yang dimiliki Kabupaten Kuningan.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: