Kodim Sosialisasi Bahaya Laten Komunis

Kodim Sosialisasi Bahaya Laten Komunis

KUNINGAN - Kodim 0615/Kuningan menggelar Pembinaan Antisipasi Bahaya Laten Komunis (Balatkom) dan Paham Radikal kepada puluhan prajurit dan masyarakat di Aula Mashud Wisnu Saputra Makodim, Rabu (17/11).

Kegiatan yang mengangkat tema “Mewujudkan Binter TNI yang Adaptif Melalui Mewaspadai Bahaya Laten Komunis dan Paham Radikal Demi Keselamatan NKRI” tersebut diikuti oleh sekitar 50 peserta yang terdiri dari anggota Kodim, PNS dan anggota Ormas FKPPI dan anggota Pepbari. Pasi Ter Kapten Arh Mulyadi dan Pasi Intel Kodim 0615/Kuningan Kapten Inf Ridwan  hadir sebagai pemateri kegiatan ini.

“Kita tahu bahaya laten komunis di Indonesia terus menyusup dan kelompok tersebut mencoba mengganggu ideologi. Makanya, tiap semester kita adakan pembinaan. Selanjutnya akan disampaikan materi terkait sejauh mana keberadaan komunis di wilayah Kabupaten Kuningan,” ujar Mulyadi saat membuka kegiatan.

Ditambahkan Kapten Inf Ridwan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk antisipasi bahaya laten komunis dan paham radikal. Ridwan juga memaparkan tentang pengertian komunis dan tokoh-tokohnya agar peserta bisa memahami bagaimana pergerakannya yang terlarang tersebut.

“Komunis ini bisa dibilang gerakan ‘di bawah tanah’ sewaktu-waktu bisa muncul. Kelompok ini ingin selalu menang dengan cara apa pun, salah satunya menggunakan kekerasan. Oleh karena itu paham komunis hingga saat ini masih sangat dilarang untuk berkembang di Indonesia karena sangat mengancam keamanan negara,\" paparnya.

Selain itu, Ridwan juga menyampaikan periode-periode pergerakan komunis di Indonesia, penyebaran kader komunis, penindakan terhadap yang terlibat dalam komunis, hingga strategi menangkal gerakan komunis. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: