Kader Gerindra Tinjau Korban Longsor

Kader Gerindra Tinjau Korban Longsor

KUNINGAN – Salah seorang politisi Partai Gerindra meninjau warga yang terdampak tanah longsor. Warga yang berada di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kuningan, menjadi korban longsor sehingga sebagian rumahnya ambruk.

Korban pemilik rumah terdampak longsor itu bernama Keyo Sukaya (76). Sebagian dinding rumahnya terseret material longsor saat hujan lebat beberapa waktu kemarin.

Melihat kondisi tersebut, Anggota Fraksi Gerindra Bintang DPRD Kuningan Sri Laelasari langsung melakukan kunjungan lapangan. Bahkan dalam kesempatan itu, legislator perempuan ini bakal memberikan bantuan berupa semen untuk memperbaiki kerusakan rumah.

“Kebetulan hari Sabtu kemarin, saya mendapat laporan dari warga kalau ada rumah yang sedang dibangun kemudian ambruk akibat pergeseran tanah. Jadi ini faktor bencana alam, padahal itu sudah tahap finising, tapi karena hujan deras akhirnya sebagian bangunan terseret longsor,” kata Sri dalam keterangan persnya, kemarin (22/11).

Dia menyebut, jika rumah yang terdampak longsor itu merupakan warga yang mendapat bantuan rutilahu (rumah tidak layak huni). Pada saat tahap akhir penyelesaian pembangunan rutilahu, sebagian dinding ambruk akibat terseret tanah longsor.

“Memang ini sedang dibangun untuk bantuan rutilahu, sudah masuk tahap finising tapi tiba-tiba ambruk karena longsor itu. Memang curah hujan sekarang ini cukup tinggi, lalu di sini memang kontur tanahnya agak miring ya,” ucapnya.

Dirinya berencana akan menyumbangkan bantuan semen, untuk membantu korban agar segera memperbaiki rumahnya kembali.

Sementara pemilik rumah terdampak longsor, Keyo Sukaya menceritakan, peristiwa bencana yang dialami bermula saat hujan turun cukup lebat. Ketika musibah terjadi pada sore hari, dirinya memang berada di dalam rumah.

“Saya di sini berdua saja sama anak yang bungsu. Waktu itu ya di dalam rumah, tapi tidak sedang di ruangan bagian yang ambruk itu,” singkatnya.

Saat ini, sejumlah warga tampak membangun TPT yang berada tepat di bawah bangunan rumah. Pembangunan TPT dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, sehingga perbaikan rumah dapat dilanjutkan kembali.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: