Penguat Rasa Cinta NKRI

Penguat Rasa Cinta NKRI

KUNINGAN-Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serba Guna (Banser NU) Kabupaten Kuningan,  melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) yang diikuti sebanyak 78 peserta. Menariknya, peserta Diklatsar Banser kali ini diikuti petinggi daerah. Seperti Wakil Bupati HM Ridho Suganda MSi,  dan Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdy.

Kegiatan Diklatsar berlangsung selama tiga hari, mulai 17 hingga 19 Desember 2021, bertempat di Objek Wisata Balong Dalem, Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana. Acara dibuka oleh Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi dan ditutup Bupati Kuningan H Acep Purnama MH.

Kasatkorcab Banser Kabupaten Kuningan Dr Wahyu Hidayah MSi menjelaskan, diadakannya diklatsar ini sebagai upaya memberi bekal pengetahuan tugas dan fungsi seorang Banser yang menjaga keutuhan NKRI. Kemudian juga memberikan pengetahuan keterampilan lapangan yang sesuai dengan tugas pokok dan peran Banser. \"Yaitu menjadi barisan terdepan dalam mengawal dan mengamankan ulama beserta kiai NU untuk mewujudkan keutuhan NKRI,\" ujarnya Wahyu yang juga menjabat Kepala Diskominfo Kabupaten Kuningan tersebut.

Wahyu mengatakan, Banser sebagai kekuatan dari GP Ansor memiliki sikap dan perilaku kesetiaan terhadap agama dan negara.  “Di sinilah pentingnya diadakan Diklatsar Banser guna meningkatkan kualitas Banser baik dari sisi kepemimpinan, pengembangan dan pemahaman wawasan kebangsaan serta pemahaman bela negara. Di sisi lain diklatsar ini meningkatkan sikap tanggung jawab dan disiplin yang tinggi,” ungkapnya.

Dengan diadakannya Diklatsar Banser, pihaknya berharap, Banser eksis, Banser solid, dan Banser mampu menjadi garda terdepan untuk pertahanan NKRI.

Sementara itu, Bupati H Acep Purnama MH menyampaikan terima kasih kepada panitia atas terselenggaranya diklatsar ini guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam menegakkan ajaran Islam Aswaja An-Nahdliyah serta menjaga keutuhan NKRI.

Bupati Acep menambahkan, sesuai dengan tuntutan nasional dan global untuk mewujudkan suatu organisasi yang baik diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam penyelenggaraan organisasinya.

“Untuk menciptakan sumber daya manusia diperlukan peningkatan mutu profesionalisme sikap pengabdian dan kesetiaan kepada organisasi untuk perjuangan bangsa dan negara. Juga semangat persatuan dan kesatuan serta pengembangan wawasan anggota banser melalui pendidikan dan pelatihan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembinaan Ansor kepada Banser secara menyeluruh,” tegas bupati.

Untuk itu, bupati menyampaikan kepada seluruh anggota Banser berharap untuk selalu merenungkan kembali bagaimana seharusnya 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dapat benar-benar menopang kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga NKRI menjadi negara yang baldatun tayyibatun warabbun gafuur. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: