Semarak Ramadhan, DKM Daarul Falaah Cikaso Gelar MHQ

Semarak Ramadhan, DKM Daarul Falaah Cikaso Gelar MHQ

KUNINGAN - Pengurus DKM Daarul Falaah Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya menggelar kegiatan Semarak Ramadhan 1443 H. Salah satu agendanya adalah MHQ Juz 30 Kategori Umum Tingkat SD/MI/DTA/TPA se-Kabupaten Kuningan.

Acara yang telah diselenggarakan Minggu (17/4) tersebut, berlangsung di lantai 2 Masjid Daarul Falaah Desa Cikaso. Kegiatan ini diikuti 43 lembaga yang di dalamnya terdapat 72 orang peserta.

Kegiatan MHQ Juz 30 Kategori Umum Tingkat SD/MI/DTA/TPA Se-Kabupaten Kuningan tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Desa Cikaso Hidayat SE MSi. Hadir Ketua DKM Daarul Falaah Ustadz Asep Hidayatudin SPdI, Ketua MUI KH Udin Syamsudin, Ketua pelaksana kegiatan Ustadz Dadi Irwandi SPd, Koordinator Kegiatan MHQ Juz 30 Ustadz Ali Mutakin MPdI dan juga para pengurus DKM Daarul Falaah Desa Cikaso.

MHQ Juz 30 kali ini pendaftaran dilakukan secara gratis dan memperebutkan gelar Juara 1, 2, 3 serta harapan 1. Total hadiah Rp2,5 juta Rupiah disiapkan panitia, dan seluruh peserta mendapatkan piagam penghargaan.

Ketua pelaksana Ustadz Dadi Irwandi SPd, mengucapkan terima kasih kepada para pembimbing dan juga peserta, yang telah ikut berpartisipasi memeriahkan kegiatan MHQ Juz 30 di Masjid Daarul Falaah Desa Cikaso.

“Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila pada pelaksanaan kegiatan kali ini masih banyak kekurangan. Semoga kegiatan MHQ Juz 30 kali ini menjadi ajang silaturahmi dan mempererat persaudaraan antar umat Islam, serta menjadi keberkahan bagi kita semua,” kata Dadi.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Desa Cikaso Hidayat SE MSi, menyampaikan rasa bahagianya karena bisa hadir untuk bersilaturahmi secara langsung melalui kegiatan Musabaqah Hafalan Quran se-Kabupaten Kuningan di desanya.

“Atas nama pemerintahan Desa Cikaso dan selaku pribadi, saya mengucapkan selamat datang di Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya, kepada seluruh para peserta Musabaqah Hafalan Al-Quran, baik yang datang dari sekitar Cikaso maupun dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kuningan,” kata Hidayat.

Melalui MHQ tersebut, kata Hidayat, diharapkan dapat menjalin persaudaraan dan persahabatan yang lebih erat diantara kaum Muslimin di kawasan Kecamatan Kramatmulya khususnya dan Kabupaten Kuningan pada umumnya.

“Saya berharap MHQ yang saudara ikuti dapat menjadi wahana untuk menimba ilmu, merajut persaudaraan dan menyebarluaskan pesan-pesan kebenaran, perdamaian, dan keadilan yang terkandung di dalam Al-Quran dan Hadits Nabi Muhammad SAW,” harapnya.

Sebagaimana diketahui bersama, lanjut Hidayat, Al-Quran yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW menjadi petunjuk dan pembeda antara yang haq dan yang bathil. Al-Quran juga membawa rahmat, berita gembira, dan petunjuk hukum dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Al-Quran juga memberi tuntunan kepada manusia untuk dapat hidup rukun dan damai. Al-Quran juga memberi pedoman bagi umat manusia untuk menjadi pribadi yang santun dan berakhlak mulia.

“Dari Al-Quran, kita mendapatkan pencerahan sekaligus ketenangan jiwa untuk senantiasa meningkatkan iman dan takwa kita kepada Tuhan pencipta alam semesta, Allah SWT. Dari Al-Quran kita dapat menggali sumber ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi umat manusia. Dan dari Al-Quran pula kita mendapat banyak inspirasi untuk membangun tatanan kehidupan dunia yang lebih aman, lebih damai, lebih adil, dan lebih rukun,” beber Hidayat.

Dalam aktivitas keseharian, masih kata Hidayat, selain dituntun oleh Al-Quran, juga mendapat pedoman dari hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Segala pikiran, ucapan, dan tindakan Rasulullah SAW patut diikuti, diteladani dipatuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: