Baraya85 Bagikan 180 Paket Sembako

Baraya85 Bagikan 180 Paket Sembako

KUNINGAN - Baraya Dalapan Lima (Baraya85) berupaya meraih ketakwaan pada Ramadan 1443 H. Mengisinya dengan Ramadan Baraya85 Berbagi, berupa pembagian sembako untuk yatim dan duafa di seputar Kecamatan Cilimus dan Cigandamekar. Ada 180 paket sembako yang disebar kali ini. Berupa beras premium 5 kg, minyak goreng 1 liter, teh kotak, gula pasir 1 kg, dan mi instan, senilai Rp120 ribu.

Ketua Yayasan Baraya Dalapan Lima Yayan Henri Danisukmara MSi menjelaskan, untuk tahun ini, selain Ramadan Baraya85 Berbagi, ada tambahan lain, yakni berbagi paket buka puasa yang berjalan sejak awal Ramadan hingga terakhir hari ke-20 puasa.

“Paket disebar sekitar tempat kegiatan yayasan di Cilimus. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali, dan meneruskan program Jumat Berkah yang sudah berjalan sebelumnya. Jumlah paket yang disebar setiap harinya ada berjumlah 40 paket seharga Rp15 ribu,” jelas Yayan, Senin (25/4).

Menurut Yayan, untuk kegiatan Ramadan Baraya85 Berbagi, pihaknya bersyukur karena dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, baik dari segi jumlah paket maupun isi paketnya. Tidak lain karena peranan para donatur yang semakin meningkat.

Hal ini juga telah disinergikan dengan usaha pemberdayaan Yayasan Baraya85, yang telah membentuk koperasi. Sehingga pemenuhan dalam penyediaan barangnya dilaksanakan oleh koperasi.

Dalam pesannya, Yayan mengingatkan, tahun depan Baraya85 memiliki agenda besar, yakni baksos berupa sunatan masal yang merupakan kali ke lima di tahun 2023.

“Insya Allah untuk baksos sunatan masal tahun depan akan dilaksanakan di bulan Oktober 2023 dan dengan peserta sekitar 85 anak. Semoga Indonesia tetap damai dan dapat melalui krisis dengan baik, dan selalu mendapat rahmat serta lindungan dari Allah SWT,” harap Yayan.

Pelaksana kegiatan Suardi menambahkan, pihaknya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada segenap partisipan yang telah ambil bagian dalam kegiatan berbagi tersebut. Diharapkan partisipasi itu menjadi ladang pahala dan mendapat rida dari Allah SWT.

“Di tengah situasi krisis minyak goreng, pemberian ini yang salah satu itemnya adalah minyak goreng, menjadi sangat spesial sekali. Banyak ekspresi warga penerima yang terlihat bahagia karena adanya minyak goreng tersebut,” ujarnya.

Dijelaskan, ada sebanyak 14 desa yang menerima bantuan bagi warganya, dengan koordinator insan baraya yang ada di desa tersebut. Meskipun jumlah pembagian paket sembako tersebut menjadi tidak sebanding dengan luasan yang ada dan calon penerimanya, namun hal ini menjadi bagian dari upaya Baraya85 dalam berbagi dengan masyarakat sekitar. (muh/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: