Damkar Kuningan Evakuasi Kukang Nyasar ke Pemukiman Warga

Damkar Kuningan Evakuasi Kukang Nyasar ke Pemukiman Warga

Petugas Damkar Kuningan mengevakuasi satwa kukang di Kelurahan Winduhaji-Damkar Kuningan-

Radarkuningan.com, KUNINGAN - Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan berhasil mengevakuasi satwa liar jenis kukang yang nyasar ke pemukiman warga di Kelurahan Winduhaji, Selasa (28/6) pagi.

Satwa dilindungi tersebut ditemukan warga tengah berjalan santai di kabel listrik kebun milik warga bernama Suhadi di Blok Karanganyar, Kelurahan Winduhaji. Khawatir terjadi hal yang membahayakan warga dan satwa kukang tersebut, warga pun melaporkan temuannya tersebut ke petugas Damkar Kuningan untuk minta bantuan evakuasi.

BACA JUGA:Sejarah Desa Linggarjati Kuningan, Diberi Nama Sunan Bonang, Sunan Kalijaga hingga Sunan Kudus

Laporan tersebut langsung ditanggapi  empat orang anggota Regu 3 piket UPT Damkar langsung mendatangi lokasi dan beraksi melakukan penangkapan. Dengan menggunakan tongkat panjang yang dipasang tali jerat, petugas pun berhasil mengamankan kukang tersebut. 

BACA JUGA:Menko Airlangga Beber Skenario Presidensi G20 Indonesia Mendukung Pemulihan Ekonomi Global

Malang, tak lama setelah diturunkan dari kabel listrik kukang tersebut mati. Rupanya, satwa tersebut tersesat ke pemukiman warga dalam keadaan sakit dan lemah karena tersengat listrik.

"Kami sempat memasukkan kukang tersebut ke kandang dan memberi minum, tapi kondisinya sudah sangat lemah dan akhirnya mati. Kami menemukan ada beberapa luka di tubuh kukang tersebut, diduga karena sengatan listrik," ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti kepada Radar.


Petugas Damkar Kuningan mengevakuasi satwa kukang di Kelurahan Winduhaji-Damkar Kuningan-

BACA JUGA:Berjuang Melawan Sakit, Coldenhoff Dan Seewer Raih Peringkat Lima Dan Sembilan Di MXGP Seri Indonesia

Namun demikian, Khadafi mengapresiasi laporan warga tersebut sehingga keberadaan kukang bisa segera ditangani dan tidak membuat kegaduhan di masyarakat. Pasalnya, selain kukang merupakan satwa dilindungi, ternyata binatang menggemaskan tersebut bisa membahayakan manusia apabila merasa terusik.

BACA JUGA:Yenny Wahid vs Muhaimin, Gusdurian Minta Move On

"Kukang merupakan satwa dilindungi dan dikenal sebagai primata beracun satu-satunya. Kukang merupakan satwa yang berbahaya apabila diganggu. Dia mempunyai alat pertahanan diri berupa racun pada air liurnya yang dapat membuat lawan yang digigitnya bisa kejang-kejang," papar Khadafi.

Kini, lanjut Khadafi, bangkai kukang tersebut sudah dikuburkan di belakang kantor Damkar. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: