Pasar Rakyat Muludan di Alun-Alun Kasepuhan Dihilangkan, Pihak Keraton: Kondisinya Tidak Memungkinkan Lagi

Pasar Rakyat Muludan di Alun-Alun Kasepuhan Dihilangkan, Pihak Keraton: Kondisinya Tidak Memungkinkan Lagi

Kondisi Alun-Alun Kasepuhan yang sudah bagus, tidak memungkin lagi digelar pasar rakyat muludan.-Dok Radar Cirebon-

BACA JUGA:Jadi Pengedar Sabu, Warga Awirarangan Dibekuk Polisi, 23 Paket Dibungkus Wadah Permen Karet

“Untuk tradisi tradisi rutin, kami tetap menggelar di lingkungan keraton. Termasuk sebelumnya, kami sudah menggelar tradisi membuat bekasem dan ngapem beberapa hari lalu,” tandas Ratu Alexandra.

Wajah Alun-alun Kasepuhan memang sudah berubah setelah direvitalisasi Pemprov Jawa Barat dengan dana Rp10,4 miliar.

Wajah baru Alun-alun Kasepuhan itu diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada awal Februari 2022 lalu. Ketika itu, Ridwan Kamil mengatakan wajah Alun-alun Kasepuhan seperti kembali ke masa lalu.

“Alun-alun jadi terlihat seperti kembali ke masa lalu (kembali pada nilai sejarah, red). Aura dan wibawanya keluar. Jadi ingin selfie,” kata gubernur.

BACA JUGA:3.000 Peserta Ikuti Gebyar Senam Masal di Pandapa Paramarta Kuningan

Mulanya, sambung Kang Emil, wajah baru itu didesain modern. Namun ia tak setuju. Dia yang juga seorang arsitek memilih mendesain sendiri dengan konsep budaya dan sejarah yang kental.

Sampai akhirnya jadi seperti sekarang dengan ikon pintu masuk yang berbentuk candi bentar tersebut.

Kang Emil mengatakan kehadiran dia di Alun-Alun Sangkala Buana Kasepuhan untuk mempersembahkan cita-cita dan janji pada almarhum Sultan Sepuh ke-XIV PRA Arief Natadiningrat yang pernah mengingatkan dan membimbing dia tentang sejarah.

Karena cinta kepada sejarah juga, Kang Emil jadi ingat nasihat presiden pertama Indonesia Soekarno yang berpesan untuk tidak melupakan sejarah. Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah atau disingkat Jasmerah.

Artikel sudah tayang di RadarCirebon.com dengan judul: Pasar Muludan di Alun-alun Kasepuhan Cirebon Ditiadakan, Ratu Alexandra: Kondisinya Tidak Memungkinkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Cirebon