Luar Biasa... Aset Bumdesma Darma Capai 5,5 Miliar

Luar Biasa... Aset Bumdesma Darma Capai 5,5 Miliar

Gebyar Bumdesma Darma (istimewa)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN - Badan Usaha Milik Desa Bersama atau Bumdesma Darma Bhakti, di Kecamatan Darma, berhasil dalam menjalankan usahanya. Bumdesma menjadi kekuatan baru ekonomi kerakyatan, jika dikelola dengan amanah dan profesional. Total aset yang saat ini dikelola Bumdesma Darma mencapai Rp5,5 miliar.
 
Pertumbuhan aset yang luar biasa itu buah dari perjalanan panjang sejak 2004 silam. Jalan panjang berliku dan penuh perjuangan, ditambah modal pengabdian karyawan dengan upah alakadarnya, ternyata menjadi kunci keberhasilan Bumdesma saat ini. 
 
 
Direktur Bumdesma Darma Bhakti, Hendriyatno mengatakan, pasca PNPM Mandiri,  banyak warga yang berharap lembaga ini tetap eksis menyediakan jasa simpan pinjam secara bergilir, dan terjangkau masyarakat kecil. Unit usaha perdana ini efektif membantu warga dengan usaha kecil terhindar dari praktik rentenir pihak yang tak bertanggung jawab.
 
Menurut dia, Bumdesma  awal berdiri hanya ada beberapa karyawan. Setelah PNPM berakhir di 2015, kita menginisiasi dibentuknya Bumdesma, dengan dukungan 19 desa se-Kecamatan Darma. Desa ini bergabung dengan penyertaan modal.
 
"Lalu kami kembangkan unit bisnis lain sesuai kebutuhan warga, menambah karyawan hingga 17 orang,  aset terus tumbuh, akhir tajin 2021 laporan keuangan kami mencatat total aset mencapai 5,5 milyar," papar Hendriyatno, Rabu 28 September 2022. 
 
 
Perkembangan unit bisnis meliputi usaha simpan pinjam perorangan, dan simpan pinjam kelompok atau badan usaha, produk simpanan hari raya. Kemudian unit jasa dan perdagangan,  serta unit usaha lumbung pangan.
 
Hasil menggembirakan terjadi di penghujung 2021, dimana terjadi surplus atau keuntungan usaha selama setahun. Total keuntungan mencapai Rp560 juta. Nilai yang fantastis dari hasil kinerja pengurus dan dukungan masyarakat.
 
 
"Hasil yang kami dapatkan, sekira 10 persen dari tahun 2021, kami kembalikan ke warga dalam bentuk bhakti sosial. Melalui acara rutin Gebyar Baksos Bumdesma, di 2022 ini kita salurkan 56 juta kepada masyarakat. Meliputi baksos kepada anak yatim di 19 desa, masing masing 5 anak perdesa mendapat santunan. Lalu santunan alat belajar kepada SLB Laskar Pelangi," jelasnya.
 
Rangkaian Gebyar  Baksos  digelar sejak 22 September lalu yaitu lomba futsal antar kelompok warga,  perlombaan badminton antar perangkat Desa dan BPD. Lomba kreativitas bagi anak usia dini digelar. Bumdesma mengajak anak Kober, TK dan RA  berkreasi dalam lomba fashion show, finger painting, dan lomba bercerita.
 
 
"Sangat antusias. Ada 500 anak usia dini se Kecamatan Darma menjadi peserta lomba. Tanggal 25 September menjadi puncak acara, 4.000 warga se Kecamatan Darma mengikuti jalan santai, membagikan door prize, dan lomba tumpeng, ini menjadi silaturahmi terbesar antara warga dengan Pengurus Bumdesma," terangnya.
 
Keberhasilan unit bisnis  Bumdesma Darma Bhakti, berlanjut saat bantuan senilai 50 juta dari DPMD Kuningan digelontorkan. Dana tersebut merupakan bantuan Lumbung Pangan, yang menambah dereran unit usaha.
 
"Untuk program lumbung pangan dari DPMD, kini sudah berkembang pesat. Aset awal 50 juta, kini meningkat, unit usaha ini memiliki total aset senilai 200 juta, alhamdulillah berkat dukungan luar biasa masyarakat Darma," jelas dia.
 
 
Gebyar Baksos Bumdesma dihadiri sejumlah undangan. Diantaranya Muspika Kecamatan Darma, Ketua DPMD Dudi Pahrudin, Kadiskominfo Wahyu Hidayah, serta Anggota DPRD Kuningan Fraksi Gerindra Deki Zainal Muttaqin.
 
Deki menyebutkan, dirinya akan berjuang di gedung dewan, supaya Bumdesma tumbuh, dan menuntut peran maksimal pemerintah. Membantu membesarkan Bumdesma dengan berbagai bantuan dan program. "Karena Badan hukum ini dinilai teruji menjadi kekuatan baru ekonomi kerakyatan, khususnya di Kecamatan Darma," pungkas Deki. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: